Pages

Senin, April 26, 2010

Cara agar semangat kerja

Jika kita adalah seorang yang aktif dalam bekerja namun tiba-tiba semangat kita menjadi turun dalam melakukan kegiatan tersebut,dan akibatnya komunikasi dengan rekan bahkan atasanpun menjadi terhambat.
Jika kita mengalami hal seperti itu,cobalah untuk memotivasi diri sendiri yaitu dengan cara,
Ini dia tipsnya:

1.Tetapkan Tujuan
Tetapkanlah tujuan kita dengan jelas dan cobalah teliti apa hasil dari tindakan kita itu.Maka dengan begitu kita akan menjadi lebih semangat dalam bekerja,karena kita sudah mempunyai sedikit bayangan akan mencapai finish yang jelas,meskipun tahu banyak rintangan yang akan mengahadang.
Jangan bertindak secara reaktif semata,bertindak dulu baru menetapkan tujuan,itu adalah hal yang salah.Cobalah tetapkan terlebih dahulu apa tujuan kita melakukan tindakan itu,Dengan begitu kita tidak akan kehilangan arah dalam bekerja.
2.Tentukan Indikator
Tentukan indikator keberhasilan artinya kita harus mampu mengukur mengenai keberhasilan suatu tindakan yang akan kita lakukan,dengan begitu akan mencul rasa optimis dalam diri kita,dan pola pikirpun akan lebih mudah diarahkan kearah yang positif,kemudian nantinya akan timbul keberanian untuk melakukan langkah pertama yang merupakan langkah awal untuk melakukan langkah selanjutnya.
3.Mintalah Umpan Balik
Untuk menumbuhkan motivasi dalam diri kita,cobalah untuk meminta umpan balik dari orang lain.Dengan menerima umpan balik dari orang lan kita mempunyai kesempatan untuk memperbaiki diri,terimalah setiap umpan balik yang di lontarkan kepada kita dengan positif,baik umpan balik itu positif ataupun negatif.Misalnya kita di kritik karena kurang kreatif dalam bekerja,maka terimalah kritikan itu,dan cobalah perbaiki diri kita agar bisa menjadi seorang yang kreatif,jangan membela diri dengan alsan-alasan yang tidak jelas.
4.Buatlah Evaluasi
Mintalah penilaian,misalnya kepada rekan atau atasan kita tentanghasilkerjakita.Mintalah kepada orang yang menilai kita itu untuk menilai seobyektif mungkin.
Jika evaluasi tersebut positif dan memuaskan,jangan berhenti bertindak dan bekerja keras,tapi jika evaluasi tersebut kurang memuaskan,maka terimalah dengan ikhlas.



Dikutip dari Tabloid FEMME

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar