Pages

Minggu, Desember 05, 2010

Akibat Malas Minum Air Putih

Akibat Malas Minum Air Putih, air, minumTeras Info - Akibat malas minum air putih | Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting sekali bagi semua makhluk. Dengan air, kita bisa merasakan nikmatnya hidup. coba kita bayangkan, apa yang akan terjadi jika air di dunia ini sudah tidak tersedia lagi. Namun, terkadang kita tak menyadari betapa pentingnya air untuk kehidupan kita itu,dan terkadang kita juga melupakan akan pentingnya menjaga kebersihan air.

Air merupakan sumber air minum bagi kita. Kita mengetahui, sebagian besar komponen tubuh kita adalah air. Menurut para peneliti, air yang terkandung pada setiap orang sangat bervariasi, tergantung dari usia setiap orang. Untuk kandungan air pada usia dewasa sebesar 60 persen, pada usia lanjut diatas 65 tahun sebesar 50 persen dan pada bayi lebih banyak, yaitu 80 persen.

Selain itu air juga merupakan pelarut, pelumas, pengatur suhu tubuh, katalisator, serta penyedia elektrolit dan mineral bagi tubuh kita. Oleh karena itu, jangan kita malas untuk mengkonsumsi air.

Lalu apa akibatnya jika kita malas minum air putih?...Berikut ini akibat yang disebabkan jika kita malas meminum air putih seperti yang saya kutip dari forum vivanews, dan American College of Sports Medicine:


1. Jika kita malas meminum air putih, bisa menggangu fungsi ginjal. Oleh karena itu, air penting sekali untuk mencegah batu ginjal.

2. Rentan terkena infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Untuk gejala kandung kemih sendiri bisa berupa rasa nyeri saat setelah buang air kecil terutamanya, serta suhu badan yang sedikit meningkat.

3. Kulit menjadi kusam. Mungkin yang satu ini semua orang mengetahuinya. Lalu, mengapa bisa menyebabkan kulit kusam? karena aliran darah kapiler dikulit tidak maksimal.

4. Terjadinya gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Salah satu komponen otak adalah air, dan jika otak tidak mendapat pasokan air, maka otak kita bisa mengalami gangguan, diantaranya adalah otak menjadi lemot, tidak konsentrasi serta mudah lupa.

5. Dehidrasi,jika tubuh kita kekurangan pasokan air, maka akan menyebabkan dehidrasi. Dampak dari dehidrasi ini sendiri tidak bisa kita anggap remeh. Berikut ini adalah dampak dari dehidrasi, yaitu badan menjadi lelah, haus,air kencing pekat, tenggorokan kering,denyut nadi cepat, badan panas sakit kepala,hingga gejala yang berat misalnya halusinasi dan kematian.



Sekian, mungkin hanya itu hal-hal yang bisa saya sampikan disini apa yang terjadi jika kita malas minum air putih. Mungkin diantara kawan-kawan semua ada yang bisa menambahkan, silahkan tuangkan lewat komentar di blog ini.
Jadi, penulis disini mengajak, bukan menggurui....Mulai sekarang, mari kita minum air dengan cukup.

Terimakasih banyak, sampai ketemu lagi di info selanjutnya.

9 komentar:

  1. Alhamdulillah walau sedikit mual kadang saya wajib 2 gelas setelah bangun tidur Mas sesuai sarannya ... apalagi saya yang ketagihan kopi mungkin diimbangi dengan air putih sedikit membantu kali yah.
    Trims atas info khasiatnya.
    Salam :)

    BalasHapus
  2. Kok minum aja males sih :D..

    BalasHapus
  3. setuju sama yang di atas.
    minum kok males.. hehe

    BalasHapus
  4. wah..wah.., ternyata begitu ya, untung aja sya paling jago minum *air putih*
    1 botol habis 1 hari... hehehe...

    BalasHapus
  5. terima kasih banget infonya, mas sop. saya termasuk orang yang ndak begitu suka menenggak air putih. ternyata beresiko juga, yak.

    BalasHapus
  6. Betul sahabat,kita tidak bisa lepas dari air.

    BalasHapus
  7. Baru tahu nich akibat kekurangan air, tahunya baru dehidrasi. Thank's for shared sob.

    BalasHapus