Pages

Minggu, Desember 12, 2010

Wikileaks, Memiliki 3000 Memo Kedubes AS di Jakarta

Wikileaks, Memiliki  3000 Memo Kedubes AS di Jakarta, Memicu Perang,Abad 21, Dunia MayaTeras Info - Dunia kini tengah di hebohkan dengan munculnya isu pembocoran data Amerika Serikat oleh Wikileaks. Untuk di Indonesia sendiri, menurut berita yang kini tengah hangat dikabarkan, Wikileaks memiliki lebih dari 3000 memo diplomatik Kedutaan Besar AS di Jakarta. Banyak pihak di Indonesia yang kini tengah penasaran menanti keluarnya bocoran tersebut, yang merupakan bocoran informasi mengenai kepentingan AS di Indonesia.
Wikilieks mengklaim memiliki lebih dari 3000 memo Kedubes Amerika Serikat di Jakarta, yaitu mulai dari November 1990 sampai dengan Februari 2010. Namun, untuk sekarang ini, memo tersebut belum dipublikasikan, hanya baru katalognya saja. Seperti yang didokumentasikan oleh harian The Guardian.

Menurut Diplomat Amerika Serikat, seperti yang saya kutip dari vivanews, Marciel mengatakan bahwa jika melihat sekitar dua ribu laporan, informasi-informasi yang dikeluarkan Kedubes AS di Jakarta ke Departemen Luar Negeri di Washington DC rata-rata sangat membosankan (deadly boring) untuk diketahui umum.

Sebagai contohnya, Marciel mangatakan, misalnya saja laporan-laporan yang menyangkut kemitraan global serta kerjasama disektor pendidikan yang memang telah di publikasikan untuk umum.

Namun, selain laporan yang diungkapkan membosankan itu, ada laporan lain yang disebut-sebut dalam suatu memo yang berupa instruksi dari Washington kepada Kedubes AS untuk melaporkan perkembangan terbaru atas daftar insfrastruktur yang memang dianggap strategis bagi kepentingan kesehatan publik, kelangsungan ekonomi AS, serta keamanan AS, yaitu mengenai tambang serta pabrik timah yang berada dekat dengan Selat Malaka, Indonesia.

Selain itu, rencana pembocoran data AS oleh Wikileaks ini juga, kini tengah memicu perang abad 21 yang berlangsung di dunia maya. Berbagai serangan dilakukan oleh para pendukung Wikileaks terhadap perusahaan-perusahaan yang dianggap sebagai pihak yang menghalang-halangi Wikileaks. Para pendukukng Wikileaks ini, melakukan serangan DDoS (Denial of service) ke komputer-komputer milik perusahaan-perusahaan kartu kredit yang telah memutuskan aset Wikileaks. Para pendukung Wikileaks ini menamakan kelompok mereka dengan nama "Anonymous". Sedangkan untuk serangan yang mereka lakukan pada komputer-komputer milik perusahaan kartu kredit tersebut dinamakan dengan serangan "Operation Avenge Assange", yang dimana menamai serangannya tersebut dengan nama belakang dari bos Wikileaks, Julian Assange. Perang dunia maya tersebut sudah berlangsung sejak berberapa minggu terakhir.

Bagaiman kelanjutan dari isu pembocoran dan perang yang terjadi didunia maya antara pendukung dan pembungkam Wikileaks.

Biarlah waktu yang menunjukkannya......

36 komentar:

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——
    Wikileaks manteph..
    Saya tungggu info2 mengejutkan lg dr om leaks..

    Wah tebakan saya bener ya ternayat,,perang maya berakiatn wikileak...

    Keren...
    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  2. Salam Sahabat Common Cyber
    *****************************

    Agak bingung. Kenapa kelompok pendukung wiileaks menyebut diri sbg Anynomous kenapa nggak GoLek saja(berasa bonek..maksudnya singkatan Go wikiLEaK)

    Hehehe

    BalasHapus
  3. kita tunggu saja buka2 an nya

    BalasHapus
  4. Aku jadi makin penasaran sama si WikiLeaks ini Sob... pengen tau apa isinya *yg Kedubes AS di Jkt hhe.... aku pokoknya dipihak yg juga mendukung WikiLeaks lah hhe... lagian klo yg ditembak gak merasa ya gak perlu ditentang kan hhe...

    Oiya maaf baru bisa berkunjung Sob... baru Blogging lagi hhe... Semangat N sukses slalu :p

    BalasHapus
  5. kira - kira isinya apa ya sob...bikin penasaran juga ini isu

    BalasHapus
  6. Kalau saya belum paham banget ni info dari wikilis .. tunggu kabar slanjutnya saja...sukses slalu

    BalasHapus
  7. segera publish ya wikileaks, kami menunggunya

    BalasHapus
  8. wikileaks yang sensasional. Salam kenal dari blogger baru

    BalasHapus
  9. wikileaks kelihatannya akan menjadi momok tersendiri

    BalasHapus
  10. salam sahabat
    berkunjung mo ikutan baca-baca artikelnya

    BalasHapus
  11. Nggak menyangka ya bisa berbuntut panjang seperti ini. Mungkin inilah yang dinamakan era globalisai dimana semua hal dapat diakses dengan mudah meskikita tinggal di tempat terpencil sekalipun

    BalasHapus
  12. salut ama wikileaks, asyik juga jika py server canggih kayak mereka hehe

    BalasHapus
  13. Mungkin perlu waspada juga bahwa pembocoran ini mungkin salah satu rencana terselubung.. *CMIIW

    BalasHapus
  14. perang digital nih mas broo..
    modernisasi dan komputerisasi memang riskan hal beginian

    BalasHapus
  15. indoleaks sekarang juga tiru² nih keliatannya

    BalasHapus
  16. Bagaimanapun, kebocoran rahasia diplomatik AS di WikiLeaks adalah bukti hilangnya privacy akibat kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Karena itu waspadalah...waspadalah...waspadalah....

    Sampai sekarang, saya belum tahu apa motivasi wikileaks membocorkan rahasi diplomatik tersebut. Jika ada yang tahu, tolong dikasi infonya. Thank's...Salam kenal

    BalasHapus
  17. keren banget ini situs. dibanding facebook. :p

    BalasHapus
  18. menurut berita yg saya baca kayaknya lagi ramai nih perang hecker, serangan yg di luncurkan oleh para hecker yg pro dg wikileaks

    BalasHapus
  19. sayangnya sekarang udah diblokir ya sob

    BalasHapus
  20. hooh lumayan rame tuh perangnya. setelah visa dan mastercard sekarang amazon yang di ddos..

    BalasHapus
  21. gimana ya nasib, paypal ?
    waduh bisa bangkrut nih kalau kena ddos si paypal

    BalasHapus
  22. Kabar terakhir yg aku baca cuma demo2 untuk kebebasan si Pendirinya doank tuh hhe.. banyak yg dukung WikiLeaks kayanya.... aku tunggu kabarnya aja deh he.. :P

    BalasHapus
  23. ada aja kerjaan orang2 ya hehehe

    BalasHapus
  24. mari bongkar kebobrokan politikus negara kita

    BalasHapus
  25. waow..waow... semakin seru kasus ini :)

    BalasHapus
  26. jadi penasaran juga,,,apa sebenarnya kepentingan Amerika di Indonesia yg lebih khusus,,,dulu sempat terjadi penolakan ketika menteri kesehatan melakukan kunjungan kesalah satu pusat riset milik amerika yg ada Di Indonesia,,,dan itu mengindikasikan adanya sesuatu yg rahasia,,,bayangkan saja seorang menteri di negeri ini tidak mendapat ijin utk masuk ke pusat riset tersebut.

    BalasHapus
  27. mampir lagi sob :)
    ini situs luar biasa keren sob

    BalasHapus
  28. kalo gag bener ngapain amerika sewot?

    BalasHapus
  29. @tukang colong: iya juga sob....ngapain sewot ya, berarti ngapa-ngapain tuh sob...:p

    BalasHapus
  30. jadi penasaran dengan yang berhubungan dengan indonesia

    BalasHapus
  31. sumpah gue dukung bgt wikileaks. walaupun pendirinya udah ditangkep karna dugaan pencabulan (padahal itu cuma bisa-bisanya amerika aja) tapi tetep beroprasi sampe sekarang :D
    hidup wikileaks :D

    BalasHapus