Pages

Sabtu, Maret 19, 2011

Fenomena Supermoon 2011, Malam ini

Fenomena Supermoon 2011, Malam ini, 19 maret 2011, Lunar Perigee, supermoon peristiwa langka, 18 tahun sekali, purnama, terkait, bencanaTeras Info - Malam ini, tepatnya 19 Maret 2011, akan terjadi fenomena Supermoon. Apa itu supermoon? Supermoon (Lunar Perigee) adalah peristiwa purnama saat bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi (perigee) yaitu berjarak 221.567 mil atau 356.578 Km (Kilometer). Peristiwa Supermoon ini merupakan peristiwa langka yang terjadi setiap 18 tahun sekali, yaitu jarak bulan paling dekat dengan bumi sejak 1993. Selain kita bisa melihat pemandangan bulan yang lebih terang nan jernih yang menerangi bumi malam ini dengan jaraknya yang lebih dekat, Planet Saturnus pun bisa sekalian kita amati karena berada didekatnya. Ya..tentunya jika ingin bisa melihat keduanya dengan lebih mantabs, gunakanlah teleskop.

Supermoon (Lunar Perigee) di Indonesia akan tampak mulai pada sabtu malam ini sekitar pukul 19.00 WIB dan puncaknya pada tengah malam, pukul 00.00 WIB minggu dinihari.

Terkait dengan peristiwa Supermoon ini, sebagian orang mengaitkan peristiwa ini dengan bakal tanda terjadinya bencana alam, benarkah itu? Nyooo...mari kita cari kebenarannya..

Menurut badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), peristiwa supermoon memang berpengaruh terhadap bumi, yaitu mengakibatkan terjadinya pasang air laut karena gaya tarik bulan, namun berdasarkan perhitungan NASA, kenaikan air laut saat terjadi Supermoon hanya sekitar 15 cm (centimeter) saja, tidak sampai menyebabkan gelombang tinggi.

Sedangkan menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim, Tanjung Perak, Surabaya, munculnya fenomena Supermoon bisa mengakibatkan banjir rob di sejumlah daratan. Misalnya saja untuk kawasan Surabaya Timur, yaitu dari Kenjeran, Gedangan Sidoarjo sampai Pasuruan, ketinggian pasang air laut bisa mencapai 110 sampai dengan 130 cm (centimeter) diatas permukaan laut.

Namun, jangan cemas dulu, karena itu semua merupakan hal biasa yang terjadi pada fenomena alam, serta tidak ada pengaruhnya dengan cuaca. So..silahkan untuk menikmati indahnya Sang Supermoon malam ini, begadang bila perlu sambil mamingan sama pacar untuk melihat puncaknya pada tengah malam nanti, so sweet ...he..he..he...



Sumber-sumber:
http://www.tempointeraktif.com/
http://nasional.vivanews.com/
http://www.berita8.com/

21 komentar:

  1. wah aku lagi ga bisa liat! :(

    BalasHapus
  2. mantab gan infonya...
    mo ta tunggu ah, sambil nungguin siaran MotoGp :capjempol

    btw: koment ente tadi pake url yg ga diijinkan, jadinya kena razia tuch komentnya :ngakak

    BalasHapus
  3. pingin keluar bisa kelihatan ga dari cekungan bandung?

    BalasHapus
  4. wow, baru tahuu inii... siap-siap cemilan nih kayaknya buat menantikan supermoon..

    kira2 ada tuxedo bertopeng nggak yah?
    #itu Sailormoon!

    BalasHapus
  5. nggak keliatan nih gara2 mendung....

    BalasHapus
  6. hehe untung nga terjadi apa2 ya...tapi kemaren di Denpasar mendung jadi nga bisa liat Bulan dech..ditempat kamu gimana cerah nga?

    BalasHapus
  7. wah saya telat :(
    sayang banget.

    BalasHapus
  8. dan akhirnya aku ketiduran dan ga liat bulannya

    BalasHapus
  9. Terima kasih bro kunjungannya!, .... soal Awsurvey.com saya tempo hari ngecek posting salah seorang blogger, tapi dia bener2 dibayar katanya! .... yah coba2 aja dah! kalo emang nggak dibayar wah ... "KETERLALUAN"

    BalasHapus
  10. Gue nggak liat sob. Abisnya malem2 >.<

    BalasHapus
  11. Saya ngga liat, sobat...
    mendung....

    BalasHapus
  12. maknya hari sabtu kemarin ternag banget halaman rumah ternyat aa sailormoon tho....eh supermoon.....hehehehe salam kenal bos

    BalasHapus
  13. kalau ditempat saya dipadang pas bulan muncul lagi hujan lebat banget.jadi nggak bisa lihat.

    BalasHapus
  14. Subhanaullah, fenomena yang menakjubkan namun sayang saya ga bisa lihat, coz waktu itu d Cianjur mendung jadi ketutup awan...

    BalasHapus
  15. Peristiwa alam yang amat menakjubkan. Selalu terulang dalam periode tertentu. Peristiwa langka yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Maha Besar Allah Tuhan Pencipta Alam Semesta.

    BalasHapus
  16. Kemarin mendung hix, sepertinya akan terus muncul fenomena alam keren lain di tahun depan, he he, makasih infonya :D

    BalasHapus
  17. kemarin saya juga melihat tapi kok tidak sebesar yang saya kira ya?

    BalasHapus
  18. Aku juga liat supermoon jam 12 malam. Memang sepertinya lebih besar daripada biasanya. "wajah" bulan terlihat. subhanallah ya... Ohya, salam kenal ya, siapa nih yang yang bertanggung jawab dibalik info2 menarik ini?

    BalasHapus
  19. di malam supermoon itu , aku memang lagi asik malming dengan sahabat....

    tapi naas nya aku jatuh sakit dan aku tak bisa menikmati sedikitpun pendar cahayanya ^__^

    sayang sekali bukan

    BalasHapus