Pages

Sabtu, Mei 19, 2012

Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart

Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart - Opencart, Membuat Toko Online Gratis. Sesuai janji saya pada postingan sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Toko Online yang hanya sekilas saja membahas tentang cara membuat toko online menggunakan Opencart dan Prestashop. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat toko online dengan opencart yang lebih mendetail. Dan untuk tutorial membuat toko online menggunakan prestashop akan saya posting pada artikel selanjutnya.

1. Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart - Persiapan GRATIS

Hal-hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah xampp yang akan digunakan sebagai locahost dan tempat menyimpan database toko online yang akan kita buat nanti, file instalasi opencart yang bisa didownload secara gratis di www.opencart.com/index.php?route=download/download . Pilih saja versi yang terbaru, disini saya menggunakan opencart v1.5.2.1 yang baru dirilis pada 04 Maret 2012. Jika pada saat anda membaca tutorial cara membuat toko online dengan Opencart ini sudah di update versi yang lebih barunya lagi, silahkan pilih saja yang versi terbaru tersebut. Untuk tutorialnya tinggal sedikit menyesuaikan saja. Sedangkan untuk xampp bisa di download secara gratis di www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html

2. Tutorial Cara Membuat Toko Online Gratis Dengan Opencart - Membuat Database

Disini saya asumsikan bahwa anda telah selesai melakukan proses instalasi xampp. Kemudian buat database dengan nama sesuai selera anda, disini saya contohkan dengan nama octokodb.

3. Cara Membuat Toko Online Gratis Dengan Opencart - Instalasi Opencart pada localhost

Ekstrak file opencart_v1.5.2.1.zip, setelah itu akan muncul folder upload, copy folder upload tersebut ke htdocs, letaknya di C:\xampp\htdocs . Setelah folder upload tersebut di copy ke htdocs, sekarang silahkan buka browser favorit anda, disini saya menggunakan sirubah api Firefox. Ketik http://localhost/upload/ pada address bar kemudian enter, maka akan muncul halaman seperti dibawah ini, jangan lupa centang pada bagian I agree to the license kemudian klik continue.

Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart, toko online gratis, tutorial membuat toko online
Selanjutnya anda akan dibawa menuju halaman Step 2 - Pre-Installation, pada bagian ini akan dilakukan pengecekan konfigurasi apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai maka tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini, kemudian klik continue:

Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart, toko online gratis, tutorial membuat toko online

Selanjutnya pada Step 3 - Configuration :

*Database Host: (ketik localhost)
*User: (masukkan user localhost anda atau ketik saja root)
Password: (masukkan password locahost jika anda telah memproteksinya)
*Database Name: (masukkan nama database toko anda disini)
Database Prefix: (kosongkan saja/tidak usah diisi)

*Username: (masukkan username anda untuk login ke dashboard opencart anda)
*Password: (masukkan password anda disini)
*E-Mail: (masukkan alamat email anda)

isi data-data diatas tanpa tanda kurung. Lalu klik lagi continue. Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart, toko online gratis, tutorial membuat toko online




Sampai disini, proses pembuatan toko online dengan opencart telah selesai. Silahkan anda lihat hasilnya dengan mengetikkan http://localhost/upload/ pada address bar untuk melihat tampilan depan toko anda, ketikkan http://localhost/upload/admin/ untuk login ke dashboard toko online anda.

Untuk proses pengaturannya, seperti menambahkan bahasa indonesia , mata uang, metode pembayaran dan pengiriman, menambahkan kategori, produk, dll akan saya update pada artikel selanjutnya. Jika ada pertanyaan seputar pembuatan toko online dengan opencart ini, silahkan tuangkan melalui kotak komentar dibawah.

Semoga artikel tentang Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart ini bisa bermanfaat dan menjadi solusi bisnis anda.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. domain buat download file instalasi toko onlinenya disini www.opencart.com/index.php?route=download/download

      terimakasih atas kunjungannya..

      Hapus
  2. mas, saya buka --> http://localhost/upload/ tapi Unable to connect...
    gmn donk?

    BalasHapus
  3. setelah instalasi xampp -> buat database -> kemudian ekstrak file opencart kemudian copy ke directory htdocs -> rename folder opencart dengan nama yang di pilih misalnya [tes] -> lalu aktifkan xampp -> kemudian buka mozilla dan ketikkan pada addres barnya

    http://localhost/tes

    oke deh lanjut terus

    BalasHapus
  4. Broo,
    Along ksh email fb/ym donk.

    Byk yg mw sya pelajari ni,
    Mw buka toko online nie,

    Email fb/ym sya, creshpochenz@yahoo.com
    Send (ini master web)
    Di add ya,,,

    Jgn diabaikan.

    BalasHapus