Pages

Jumat, Mei 18, 2012

Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online, opencart,prestashop, Tutorial membuat toko online, peluang bisnis toko online, online storeCara Membuat Toko Online - Tutorial Cara Membuat Toko Online, OpenCart, Prestashop. Untuk membuka sebuah toko di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kita tidak perlu repot-repot mencari sebidang tanah dengan ukuran yang luas dan harga yang mahal, yang kita perlukan hanyalah sebuah domain dan hosting yang harganya hanya ratusan ribu saja per tahun dan cms E-commerce yang gratis bersahabat.

Cara Membuat Toko Online - Peluang Bisnis

Toko Online merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan jika dilihat dari perkembangannya, sebab kian hari orang semakin menjamuri internet (dunia online) dan gaya berbelanja online pun kian hari semakin populer. Semakin populernya metode berbelanja online ini terlihat dari semakin banyaknya orang-orang yang membuka toko online, tidak mungkin para entrepeneur online tersebut membuat toko online jika tidak ada peluang bisnisnya, mungkin istilahnya adalah "Ada Gula, Ada Semut....".

Bagaimana Cara Membuat Toko Online?

Lalu, bagaimana cara membuat toko online? Apakah untuk membuat online store tersebut harus mahir dibidang web programming terlebih dahulu? Jawabannya adalah TIDAK. Yang diperlukan utamanya adalah domain+hosting dan CMS E-Commerce open source (diberikan secara gratis) yang bisa kita kembangkan untuk dijadikan sebagai toko online yang nantinya akan nampak profesional. Memang akan lebih baik jika kita memahami sedikitnya tentang web programming. Lalu, apa saja CMS E-commerce tersebut?

1. Cara Membuat Toko Online Dengan OpenCart

Opencart adalah salah satu cms E-commerce yang sangat terkenal. OpenCart sangat cocok bagi kita yang baru pertama kali membuat toko online karena proses pengaturannya yang cukup mudah. Selain itu, developer opencart juga sangat banyak, sehingga kita tidak akan terlalu sulit untuk proses pengembangannya. Untuk proses cara membuat toko online dengan opencart akan saya buat pada artikel khusus tentang cara membuat toko online dengan opencart pada artikel selanjutnya. Tapi, jika anda sudah penasaran seperti apa opencart tersebut (bagi yang belum tahu), dan tidak sabar lagi jika harus menunggu artikel tutorial cara membuat toko online dengan opencart yang nanti akan saya publish, silahkan searching saja di google tentang bagaimana proses instalasi dan pengelolaan opencart. Jangan lupa download terlebih dahulu CMS OpenCart di situsnya www.opencart.com

2. Cara Membuat Toko Online Menggunakan Prestashop
Prestashop merupakan cms E-commerce yang juga khusus digunakan untuk membuat online store. Hampir sama seperti opencart, prestashop cukup mudah untuk di gunakan. Fiturnya yang cukup lengkap serta mendukung SEO sehingga akan lebih bersahabat dengan mesin pencari. Selain itu pengembang prestashop juga sangat banyak. Tentang bagaimana cara membuat toko online dengan prestashop akan saya buat juga artikel khususnya, agar lebih jelas.



Hanya dua cms E-commerce saja yang saya sebutkan kali ini, yaitu opencart dan prestashop. Sebab kedua CMS tersebut adalah cms ecommerce yang bisa dibilang mudah dan sangat populer serta lengkap fiturnya, walaupun masih banyak sebenarnya CMS lainnya.

Bagi anda yang berminat untuk membuat toko online tersebut, silahkan untuk mencobanya. Searching saja digoogle untuk tutorialnya, insyaallah di blog Teras Info juga akan saya tulis tentang tutorial cara membuat toko online dengan OpenCart dan Prestashop tersebut. Jadi pantau terus teras info ya..

Sekian tentang sekilas cara membuat toko online dengan cms E-commerce open source opencart dan prestashop. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bisnis anda.

5 komentar:

  1. Makasih infonya,.,.
    Keren dah pokoknya...

    BalasHapus
  2. Akhirnya bisa juga membuat toko online sendiri,.,.
    makasih infonya,.

    BalasHapus
  3. Lanjutkan gan,.,.
    mantab artikelnya,.

    BalasHapus
  4. saya mo tanya bro, maklum masih belajar, setelah install opencart di softaculous trus cara buka dashboard nya gimana ya..kalo ngeblog di wordpress kan tinggal buka di namadomain.com/wp- misalnya. trims berat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah proses instalasi selesai di softaculous anda akan dialihkan ke halaman overview, disitu ada 2 link yang bisa anda tuju... halaman admin dan halaman user...

      selamat mencoba... ^_^

      Hapus