Pages

Rabu, Agustus 04, 2010

Wacana Redenominasi Rupiah

Wacana Redenominasi Rupiah,pro dan kontra,Bank Indonesia,RpTeras Info- Bank Indonesia menggulirkan wacana Redenominasi Rupiah. Tujuan Bank Indonesia melakukan redenominasi rupiah ini adalah untuk meningkatkan perekonomian negara.
Seperti contohnya Rumania dan Turki, kedua negara ini berhasil meningkatkan perekonomian negaranya setelah melakukan redenominasi pada mata uang negaranya.

Redenominasi ini adalah proses penurunan 3 digit angka nol pada mata uang tanpa mengurangi nilainya. Misalnya uang Rp.10.000 setelah di redenominasi maka menjadi Rp.10, namun nilainya tetap, yaitu Rp.10.000. Uang Rp.100.000 menjadi Rp.100, namun nilainya tetap yaitu Rp.100.000.

Meskipun baru wacana, namun hal ini mulai banyak menuai pro dan kontra dari masyarakat. Ada yang setuju dan ada juga yang tidak. Seperti misalnya, menurut tanggapan Mantan Presiden Megawati Soekarno Poetri, beliau mengemukakan bahwa hal itu malah akan membingungkan rakyat, karena pengurangan 3 angka nol itu menurut beliau jika awalnya Rp.1000 menjadi Rp.1 maka itu masih gampang untuk di hitung.
Namun jika misalnya mata uangnya Rp.100 maka akan berubah menjadi nol koma sekian, sehingga kemungkinan akan membingungkan rakyat.

6 komentar:

  1. wah, saya juga ikutan bingung dg wacana ini, mas, hehe ... babar blas ndak mudheng, hiks. selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  2. sama-sama mas, selamat menunaikan ibadah puasa juga...

    BalasHapus
  3. perlu sosialisasi dulu, biar rakyat tidak bingung....

    BalasHapus
  4. ya betul.....perlu sosialisasi yang lebih...

    BalasHapus
  5. Kenapa musti bingung, wong sekarang nilai mata uang terkecil kan 1000 rupiah apa masih ada harga barang yang 100 rupiah?? wong harga permen z 3biji 500 rupiah jadi klu 1 = 1000 maka permen 6 biji...xi..xi..x.i.xi.x.i..biasa yg buat bingun mereka² juga alias yang bertengkar pengen jadi penguasa, rakyat kecil ya cuman ikut z solusi terbaik
    minal aizin wal fa izin ma'af lahir dan batin.. :)

    BalasHapus