Pages

Minggu, Oktober 24, 2010

Lima Gadget Berbahaya Bagi Kesehatan

Lima, Gadget, Berbahaya, Bagi Kesehatan, Manusia, Paling Berbahaya, Barang, Elektronik, Perangkat ElektronikTeras Info - Perkembangan tekhnologi yang semakin pesat kini sedikit-demi sedikit mulai merubah gaya hidup kita sebagai manusia. Mungkin, sebagian manusia tidak bisa hidup tanpa adanya perlatalan elektronik yang merupakan bagian dari kemanjuan tekhnologi ini.

Mungkin, dengan semakin berkembangnya tekhnologi, semua serba digital, banyak sisi baik yang bisa di dapat, misalanya kemudahan dalam hal berkomunikasi.
Tapi, di balik semua itu, ada beragam kerugian juga yang bisa di dapat oleh kita sebagai manusia.

Menurut ahli toksikologi peraih nobel, Devra Davis, dalam bukunya yang berjudul 'Disconnected' menyebutkan bahwa terdapat lima perangkat elektronik yang membahayakan bagi manusia.

Namun, dalam bukunya ini, Davis juga memberitahukan bagaimana caranya mengguanakn kelima barang elektronik tersebut agar tidak mengganggu kesehatan tubuh kita.

Berikut ini lima barang elektronik yang paling berbahaya menurut Devra Davis:

1. Handphone
Hanphone merupakan barang elektronik yang sangat membantu sekali bagi kehidupan kita, terutama dalam hal telkomunikasi. Dengan adanya handphone, kita tidak perlu susah paya untuk menghubungi seseorang yang berbeda tempat atau wilaya. Namun, di bali semua itu, terdapat sisi buruk yang sangat berpengaruh sekali bagi kesehatan kita, yaitu penggunaan handphone dapat merusak pertumbuhan sel otak pada anak dan menyebabkan tumor otak pada orang dewasa. Selain itu, penggunaan hanphone juga dapat mengancam populasi manusia, kenapa? karena menurut Devra Davis dalam bukunya menyatakan bahwa penggunaan handphone minimal empat jam sehari dapat mengurangi jumlah sperma.

Lalu bagaimana tips untuk mencegahnya,berikut ini tipsnya:

Gunakanlah hands-free atau speakerphone ketika sedang menelepon.

2. IPods
Barang elekronik yang satu ini, mungkin merupakan barang elektronik yang sangat di gemari oleh kaum muda atau para pecinta musik. Namun, hati-hati, bagi kita yang sering kali mendengarkan musik dengan ipods selama satu setengah jam bisa megakibatkan terganggunya pendengaran, bahkan yang terparah adalah bisa menyebabkan ketulian.

Tips untuk untuk mencegah dampak negatifnya adalah sebagai berikut:

Gunakanlah busa earphone guna mengurangi atau meredam suara yang keluar.

3. Laptop
Laptop merupakan salah satu barang elektroni yang sangat berguna sekali bagi kehidupan kita, terutama bagi kita yang bekerja di perkantoran misalnya. Namun, dibalik manfaatnya itu, terdapat kekurangan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Pada laptop, biasanya bisa terjadi baterai yang meledak atau mungkin mainboard yang berasap yang membahayakan kita. Selain itu, masalah laptop bagi kesehatan kita sebagai manusia adalah bisa menyebabkan sakit mata dan sakit kepala karean terkena radiasi layar. Jangan pernah meletakan laptop dipaha, karena bisa menyebabkan paha kita terbakar seperti daging panggang. Hal ini disebabkan karena panas yang keluar dari laptop. Dan untuk yang terparah adalah terkena kanker kulit.

Tips pencegahan:
Berpalinglah dari layar laptop setiap 20 menit selama 2-3 menit. Perbesarlah font jika memang diperlukan guna menghindari paha terbakar, dan belilah bantal paha untuk meletakan laptop.

4. Komputer
Tak jauh dengan laptop, komputer juga selain memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia, juga memiliki kekurangan yang bisa mengganggu kesehatan manusia.
Menurut Devra Davis, penyakit yang bisa timbul dari penggunaan komputer ini adalah obesitas serta masalah jantung karena kurang gerak. Kejang otot juga merupakan salah satu hal yang kerap kali terjadi karena kelamaan menggunakan mouse atau salah posisi ketika mengetik.

Tips pencegahan:
Lakukanlah peregangan guna melemaskan otot-otot punggung dan leher yang tegan, serta belilah gelpad pada keyboard.

5. Video Game
Inilah barang elektroni yang kelima yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Video game merupakan barang elektronik yang kini telah populer diseluruh dunia. Karena dapat bermanfaat sebagai media hiburan. Namun, kita juga perlu hati-hati, karena jika kita menggenggam stik game terlalu lama bisa menyebabkan tangan menjadi merah. Dalam bukunya, Devra Davis menyebutnya "Telapak Playstation". Penyebab terjadi hal tersebut adalah lembabnya telapak tangan manusia karena berkeringat. Sedangkan untuk game Nintendo Wii, keluhan yang paling sering terjadi adalah lepasnya tulang bahu karena terlalu bersemangat dalam memukul.

Tips pencegahannya:

Bagi yang sering bermain playstation, hendaknya pemain membaluri tangannya dengan bedak sebelum bermain. Sedangkan bagi penggemar Nintendo Wii, sebelum memulai permainan, hendaknya melakukan peregangan terlebih dahulu.

13 komentar:

  1. aq cuma punya hp sob yang lainnya aq g punya

    BalasHapus
  2. wah...sama saya juga.....
    yang laennya mah nggak kebeli..he..he..he

    BalasHapus
  3. Gadget tsb banyak di sukai orang2 di jaman ini ternbyata ada dampak nnegatifnya..

    BalasHapus
  4. ia mas.. seetuju.. tp mau gimana lagi.. idup tanpa 5 gadget tsb hambar e.. jd ya bisanya cm mengurangi

    BalasHapus
  5. nomor 1 n 4 saya punya mas.. lainnya gak..
    ini jg baru mengurangi waktu berinteraksi dgn gadget tsb :D

    BalasHapus
  6. saya ga punya Ipods mas,, (boleh juga, kalo ada yang mau bagi2 :))
    komputer udah tersingkirkan oleh laptop,, semua masalah diatas efeknya yang susah dihindari junior sy :(

    BalasHapus
  7. ini gosip apa beneran mas...
    kok menakutkan gitu ya
    hiiyy..

    BalasHapus
  8. laptop jg berbahaya ya sob..wah harus dikurangi neh mantengin laptop

    BalasHapus
  9. iya nih kelamaan di depan laptop bikin mata pedes dan agak pusing...

    BalasHapus
  10. musti bijak menggunakannya semua gadget ini. agar bisa jadi teman bukan musuh..:)

    BalasHapus
  11. ternyata teknologi banyak resikonya juga yach :D

    BalasHapus
  12. wah, gak separah itulah... maksudnya dalam jangka lama khan, khususnya yang laptop itu kak...

    BalasHapus
  13. wah, untungnya ndak semua gadget saya miliki, mas sop, sehingga risikonya ndak terlalu fatal. terima kasih infonya.

    BalasHapus