Pages

Jumat, November 19, 2010

Kehidupanku dan Dunia Blogosphere

Bismillah....
Tak terasa, setahun sudah saya berkecimpung di dunia blogosphere. Dan kini sudah waktunya untuk mengevaluasi, memuhasabahi hal-hal yang telah saya dapat selama setahun kebelakang ini.

Dunia blogosphere, dunia yang sungguh tak pernah saya bayangkan akan kehadirannya sebelumnya dalam kehidupan saya, dunia yang begitu penuh dengan kejutan-kejutan baru. Saling bersapa sesama blogger, meskipun saya tak mengetahui siapa blogger tersebut, hal itulah yang paling menyenangkan yang saya rasakan selama ini.

Namun, hidup itu bagaikan roda yang terus berputar, tak selamanya hal-hal menyenangkan itu selalu di dapat. Terkadang rasa kesal, jenuh, prustasi pernah saya rasakan selama aktif didunia blogosphere ini.

Rasa kesal, perasaan ini merupakan hal yang kerap kali muncul dalam catatan sejarah perbloggeran saya. Banyak hal-hal yang menyebabkan timbulnya rasa kesal tersebut, misalnya saja, yang sering sekali saya alami selama ini adalah tidak mendapat ijin dari orang tua, tidak adanya media yang mendukung, dan omongan dari orang-orang yang kerap kali menyentil hati saya selama berkiprah di dunia blogosphere ini.

Tidak mendapat ijin dari orang tua, hal ini merupakan hal yang tidak bisa saya untuk menentangnya. Saya terkadang merasa kesal, kenapa orang tua saya tak mengijinkan saya untuk aktif di dunia blogging. Astagfirullahaladzim.....
Namun, setelah saya telaah kembali dengan matang, ternyata itu semua dilakukan oleh orang tua saya semata-mata untuk kebaikan saya sendiri.
Sebenarnya saya agak canggung menuliskan hal ini disini, karena terkesan anak mamah sekali saya ini, namun tak apalah, ini salah satu hal yang memang harus saya evaluasi, tak perlu canggung atau malu, karena ini untuk kebaikan saya juga.

Jujur saya katakan, saat awal-awal saya napak tilas di dunia blogosphere ini, saya ibarat orang yang lupa daratan. Pulang malam, pulang malam, kewajiban kerap kali ditinggalkan.
Dan hal itulah yang menyebabkan orang tua saya tak mengijinkan saya untuk aktif di dunia blogging.

Semenjak itulah sayapun mencoba berusaha untuk memanage waktu hidup saya, mengolah waktu sebaik mungkin, dan berusaha untuk mendapat ijin dari orang tua agar saya bisa tetap aktif didunia blogosphere ini dengan diiringi keridhoannya. Karena saya sadari, ridho Allah itu tergantung pada keridhoan orang tua, dan kemurkaan Allah, tergantung pada murkanya orang tua. Saya ingin, perjalan perbloggeran saya ini merupakan sesuatu hal yang bisa menjadikan ibadah untuk saya, yaitu dengan mendapat keridhoannya, dan sebaliknya, bukan menjadi investasi saya menuju kemurkaannya.

Rasa jenuh, perasaan ini seperti virus yang kerapa kali harus di waspadai kahadirannya.
Selama setahun kebelakang ini, tak jarang saya merasakan kejenuhan yang teramat luar biasa selama menapak tilas di dunia blogosphere.

Namun, rasa jenuh itu, perlahan kini mulai hilang seiring dengan seringnya saya bersilaturahmi dengan para kawan blogger semua. Dengan melakukan silaturahmi ini, blogwalking kalau dalam istilah perbloggeraannya, saya merasakan banyak sekali manfaat yang saya dapat, diantaranya adalah motivasi. Motivasi-motivasi dari sesama kawan bloggerlah yang menjadi obat penghilang kejenuhan saya. Dan yang luar biasanya adalah, motivasi-motivasi tersebut tak hanya saya rasakan sebagai obat penghilang kejenuhan di dunia blogosphere saja, di kehidupan sehari-hari pun, sungguh bisa saya rasakan manfaatnya. Subhanallah, luar biasa ternyata manfaat dari blogwalking ini.

Prustasi, hal ini yang paling parah menurut saya yang pernah saya alami dulu. Awalnya, hal yang menyebabkan timbulnya rasa prustasi ini adalah saat saya berpikiran instan tentang monetise blog, tanpa berpikiran yang matang, dan tanpa bekal yang cukup, saya langsung saja mencoba memonetise blog saya ini. Saat itu saya berpikir, "Ah...mudah ni kayanya dapat duit dari blog, ngga ada salahnya dicoba...". Setelah beberapa bulan berlalu saya memonetise blog ini, namun ternyata belum ada hasil yang saya dapat, wah...langsung saja saat itu saya secara membabi buta meninggalkan blog ini, rasa kecewa karena tak mendapat hasil, dan perasaan-perasaan bodoh lainnya bercampur aduk menjadi satu. Sungguh, itu adalah hal yang teramat sangat bodoh yang pernah saya lakukan, tak ingin saya terjatuh lagi kedalamnya.

Omongan-omongan yang menyentil hati, Sebenarnya, jika menurut pandangan saya secara pribadi, hal ini, meskipun cukup tak berkenan dihati, namun banyak pelajaran yang bisa didapat. Saya berpikiran seperti ini, "Ambil saja positifnya, dan buang negatifnya...". Dengan berprinsip pada hal itulah saya berusaha untuk menjadikan apapun kata-kata yang keluar dari seseorang sebagai pelajaran dan evaluasi tak terduga untuk saya, sekalipun perkataan itu menyakitkan hati. Selain itu, sayapun berprinsip pada sebuah pribahasa yang mengatakan " Anjing menggonggong, kafilah berlalu...", biarlah orang-orang berkata apa, ambil saja sisi baiknya, dan buang jauh-jauh sisi negatifnya. Yang harus saya lakukan saat ini adalah membuktikan kepada mereka dengan kesuksesan yang insyaallah saya akan terus berusaha untuk mencapainya.

Tidak memiliki media, satu lagi hal yang terkadang membuat semangat saya kendur dalam perjalanan saya di dunia blogosphere ini, yaitu tidak memiliki media. Media disini adalah komputer dan fasilitas internet. Jujur saja, saya tidak memiliki kedua hal tersebut. Jadi, terkadang saya suka mengeluh akan ketidaktersediaan kedua fasilitas itu. Namun, saya kembali mempunyai prinsip "Tak punya bukan berarti tak bisa...". Itulah prinsip yang saya pegang teguh hingga sekarang. Saya harus tetap bisa aktif di dunia blogosphere ini, meskipun saya tak memiliki media komputer ataupun internet. Dan prinsip itu tidak hanya saya jadikan bekal dalam perjalanan saya di dunia blogosphere saja, tapi juga dalam kehidupan saya. Oya, selain itu, sekarang sudah banyak jasa-jasa rental warnet bertebaran dimana-mana, jadi tak masalah. Ya...meskipun jujur, cukup merogok kocek juga.......



Sekian, hanya itu saja mungkin hal-hal yang harus saya muhasabahi untuk perjalanan hidup saya ditahun ini. Keridhoan orang tua, manage waktu, jangan selalu berpikiran serba instan dalam melakukan segala hal, dan maju terus pantang mundur.

Semoga saja, apa yang telah saya tulis disini, bisa menjadi bahan muhasabah yang memberikan manfaat baik untuk diri saya secara pribadi maupun untuk semua kawan blogger yang selalu saya rindukan kehadirannya. Dan semoga, dengan hadirnya tulisan ini, saya bisa menjadi seorang blogger yang lebih baik lagi kedepannya. Amin..



Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.
Terimakasih banyak saya ucapkan kepada Pak Dhe Abdul Cholik yang telah mengadakan kontes yang begitu bermanfaat ini.

33 komentar:

  1. orang tua kita sob ..pasti mau melihat anaknya berhasil ....maknya caranya ituloh sob menyampaikan kepada ortu agar dapat memahaminya dan dapat mendukung apa yang kita lakukan......

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Kang,
    penuturan yang rinci sebagai perjalanan yang bermakna. paling tidak dengan ini hidup kita memiliki sisi tertentu yang tidak hambar. Hal yang wajar ada banyak kendala dalam sebuah proses perjalanan dan itu manusiawi.

    >semoga kontesnya menang ya Kang
    >ijin follow No. 25

    BalasHapus
  3. mantap bos. 1 tahun bukan waktu pendek pasti banyak suka dukanya... tetap berkarya dan berbagi ya bos.. selamat berulangtahu untuk blognya

    BalasHapus
  4. semua itu butuh proses, sama sih saya dulu juga waktu awal2 blogging suka lupa waktu, walaupun lama2 jenuh, males juga menghinggai, tp aq berfikir blogger dah membesarkan nama aq, berkat blogger pula aq bisa kenal dunia, pendidikan tentunya pengalaman dan pengetahuan baru yang belum pernah saya dapatkan, mungkin aq juga tak serutin dulu tp aq tetep berusaha mengupdate postingan meskipun juga g banyak waktu buat BW juga, aq cukup senang, bisa kenal kamu dan sahabat blogger lainnya meskipun hanya sebatas dunia maya, tp ikatan persaudaraan antar blogger bgt dekat, terimakasih google, terima kasih blogger dan terima kasih sahabat2 blogger dimanapun berada, kok jd aq yang curhat, oklh sukses sll ikutan kontes "K.U.M.A.T"nya

    BalasHapus
  5. Salam kawan.. Banyak orang yang sukses karena blogger kawan.. Karena itu tetaplah semangat dan teruslah berkarya.

    BalasHapus
  6. ngeblog itu dinamis, mas sop, tak perlu menjadikan aktivitas ini sbg hal yang utama, apa pun yang terjadi, urusan offline tetep yang utama. itu artinya, ngeblog ada pasang surutnya. meski demikian spirit ngeblog tetap harus ada, meski didera kesibukan yang begitu padat. semoga dg management waktu yang baik, urusan offline dan online bisa sama2 sukses. salam ngeblog.

    BalasHapus
  7. wah bagus sekali infonya gan mungkin benar semua ini membutuhkan sebuah proses dan usaha ya jg kita harus lebih sabar dabn ber doa hidup pun jg peroses untuk menuju masa depan yg lebih baik....salam persahabatan gan mampir balik ya dan saya jg sdh follow follow balik ya...?

    BalasHapus
  8. maaf gan saya mau ikut promosi barang kali aja tertarik kan saya gan lo semapt mampir ya.........? ada sebuah kopi yg bisa membuat kita lebih sehat dan bisa menjaga stamina tubuh kita dan ini tidak membuat kecanduan dan kopi ini mengandung 7 herbal jika pingin lbh tau lg bisa langsung berkunjung..........blogwalking

    BalasHapus
  9. salam sahabat
    gan semua ini membutuhkan suatu proses yg sangat lama dan panjang ya yg penting kita mau ber usaha ......kunjungan balik ya gan.......?

    BalasHapus
  10. saya juga merasakan hal yang sama, tak memiliki media..
    akhirnya memanfaatkan yang ada....

    BalasHapus
  11. kita bisa mengatasinya dengan bersabar dan berdoa... ya kan?

    BalasHapus
  12. Semoga menang pak!!

    Aku jd minder bc postingan ini, mau kut gak ya?

    BalasHapus
  13. Manage waktu daam dunia blogosphere salah satu hal terpenting mas. Betul sekai.

    hehehe..

    saya ajah awalnya sampai gak bisa mange,,tapi alhamdulillah sekarang bisa manage...

    BalasHapus
  14. Hemm... napak tilas ya Sob...

    klo aku lupa udah berapa tahun soalnya blognya ganti2 jadi itungannya buyar haha...

    pokoknya blogging asik aja... ketemu sama blogger2 di PB 4 tahun ini, kopdar rame2.... dan pastiya BW rame2 haha...

    Semangat Sob.. :P

    BalasHapus
  15. rasa jenuh pasti ada,,
    wajar malah,,
    dunia offline tetap yang paling penting,,
    karena ini lah dunia nyata,,,
    tak sekedar maya,,
    sukses kontesnya yak

    BalasHapus
  16. terkadang memang jenuh itu ada dan manusiawi, tetapi kemudian kita harus semangat lagi...

    BalasHapus
  17. Blogwalking emang dasyat bikin blog kita banyak pengunjung..satu hal yang bikin seneng ngeblog adalah bisa menghasilkan uang

    BalasHapus
  18. datang berkunjung kesini untuk membawa berita, saya mengadakan kontes SEO dengan hadiah 1,6juta. Thanks.

    BalasHapus
  19. memang kadang-kadang ngeblog terasa jenuh dan malas, tapi justru itu satu tantangan bagi kita untuk membuktikan kalau kita bener-bener blogger sejati. :)

    sukses buat kontesnya ya sob, sekalian saya ijin follow dengan nama, Dwi. terimakasih

    BalasHapus
  20. Met mlm sob...Kalo aq sndri sih memang enjoy masuk dunia blogging..Karena di situ aq bnyk mendapat pengetahuan tentang seluk beluk internet.

    Lam knl sob.Aku follow blog mu..

    BalasHapus
  21. Fuck!! for orang orang yang mengolok, yang penting kita tidak ganggu mereka ya to., hehe..
    tetap semangat dalam ngeblog aja mas hehe..

    BalasHapus
  22. benar skali,,,dunia blogging mampu memberikan motifasi tersendiri,,

    BalasHapus
  23. saya dulu waktu SD kelas V mulainnya saya berkecimpung didunia Internet malah diejek ma guru2 saya SD dan teman2 saya mas..
    Beliau2 itu mengira bahwa internet itu selalu buruk, berabu hal2 yg negatif. tapi saya tetap berusaha untuk menyakinkan mereka bahwa internet itu sangat bermanfaat. Lucunya lagi setelah saya lulus dari SD lha koq mereka2 itu pasang internet. hahaha... (maaf ya mas sedikit curhatan saya) :d

    BalasHapus
  24. perjalanan blogging yang penuh liku-liku.. merupakan bagian dari proses mas..

    nikmati dan yakini untuk menjadi lebih baik..

    salam kenal :)

    BalasHapus
  25. gag memiliki media seperti yg akang alami juga di alami oleh saiia kang... emang berat rasanya tuk yg satu itu... manakala ide berjubelan dateng, tp terantuk masalah atu itu... huhhh.. menyebalkan.. sabar kang... nanti juga ada masanya kuk ;) lohh... hehehehe... amien :)

    BalasHapus
  26. Yang namanya ngeBlog emang musti intiqomah bro...
    Harus sabar menghadapi cobaab-cobaan yg datang...
    Sebenarnya segala sesuatu kalau dipakasakan hasilnya tidak akan memuaskan, namun jika sesuatu itu emang kita suka, kita jg g bisa dipaksa buat tidak menyukainya...
    Jadi jika blog bro merasa suka, enjoy, nyaman, jangan pernah menyerah untuk maju...
    Keep forward... just Do It,, *kata teman ane Do It(Doa Ikhtiar Tawakal).. ^^

    BalasHapus
  27. kalo diinget-inget lagi ketika kita pertama kali kenal blog lucu juga ya..hihi

    BalasHapus
  28. Salut! terutama poin "Tidak memiliki media", sangat sangat dan sangat sulit bagi saya jika saya tidak memiliki keduanya.

    Saya juga udah satu tahun nge-blog tapi cuma sekitar 5 waktu yang bekualitas yang saya pakai. sering banget bikin blog lalu saya buang begitu saja. alasannya cuma 1, membosankan. dan sepertinya akhir2 ini rasa bosan itu mulai memudar.

    blog saya yang sekarang belum berumur 2 bulan. Mudah2an saya bisa betah dengan blog baru saya ini.

    BalasHapus
  29. slam blogger gan...
    semoga menang kontesnya :d

    BalasHapus
  30. Tugas telah mengantar saya kesini sekaligus melakukan penilaian artikel KUMAT.

    Artikelnya sudah dicatat di Buku Besar Yuri KUMAT
    Salam hangat dan sukses selalu.

    BalasHapus
  31. Sabar dan konsisten tu mungkin jd senjata menuju kesusksesan tak lupa berdoa,, salam kenal

    BalasHapus
  32. Semoga menang dan sukses selalu.

    BalasHapus