Pages

Jumat, Desember 17, 2010

Dukungan Fans Indonesia Menuai Kontroversi

Dukungan Fans Indonesia Menuai KontroversiTeras Info - Indonesia berhasil memenangkan pertandingan atas Filiphina pada Kamis 16 Desember 2010 kemarin malam dengan skor yang bisa dibilang tipis sekali, yaitu 1-0. Tiket masuk untuk menonton acara pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bungkarno ini pun habis terjual diserbu oleh para fans Indonesia. Stadion Gelora Bungkarno ini, pada saat pertandingan dimulai, dipadati sekitar 80 ribu penonton, selain itu nyanyian garuda didadaku berkumandang dengan sorak sorai yang begitu energik keluar dari para suporter Indonesia. Saya salut dengan para pendukung Indonesia ini.

Namun, dibalik keberhasilan Timnas Indonesia ini, ternyata menuai sedikit kontroversi dari negara tetangga yang kemarin dikalahkan oleh Timnas Indonesia, Filphina.

Dalam media masa Filiphina, kini tengah ramai diberitakan mengenai sprotiviatas para pendukung Indonesia. Phil Boxing, salah satu media informasi Filiphina pada Jum'at 17 Desember 2010 ini, menuliskan bahwa pendukung indonesia telah menampilkan sportivitas yang buruk. Seperti yang telah saya kutip dari vivanews, media tersebut (philboxing.com) menggambarkan bahwa fans Indonesia telah memukuli bus tim Filiphina disaat memasuki stadion, serta mengeluarkan caci maki dan bahasa tubuh yang tidak sopan. Selain itu, media masa ini juga mempersoalkan mengenai bunyi-bunyian yang keluar disaat lagu kebangsaan Filiphina dikumandangkan. Saat lagu Filiphina ini dikumandangkan, terdengar suara-suara dari para fans Indonesia yang berbunyi "vuvuzela" serta ledakan petasan yang seharusnya tidak dilakukan saat itu, karena sebagai bentuk penghormatan dan sportivitas anatara kedua tim.

Akibat insiden ini, kedudukan Indonesia sebagai tuan rumah untuk acara Final piala AFF pun kini tengah terancam.

Nurdin Halid, Ketua Umum PSSI menyampaikan kepada para suporter serta masyarakat agar tidak ada ledakan petasan lagi, terutama jangan sampai terulang pada 19 Desember malam nanti. Karena bisa mengancam kedudukan Indonesia untuk menjadi tuan rumah di Final Piala AFF kali ini. (vivanews.com)


Menurut kawan-kawan semua, bagaimanakah sikap para suporter Timnas kita ini...baik ataukah buruk. Atau mungkin, jawaban kawan sama seperti komentar yang dua ini. O ya, komentar ini saya copas dari VIVAnews :P. Berikut ini komentarnya (tanpa saya rekayasa, alias asli. Untuk nama pengomentarnya saya tidak tuliskan, takut ada yang tersinggung :P ).

Dasar negara katro udah ga punya stadion kalah pula eeeehhh...sekarang ga terima sm sikap suporter... inget suporter indonesia paling banyk se-asia. bahkan bisa menyaingi eropa....itu kelebihan dr indonesia kagak ky negara loe ga ada penonton...
• Balas

sadarlah broo,kedepankan kedewasaan.kita org timur yg penuh n kaya dgn norma2 adat isriadat serta agama,br piala AFF,bgmn lg kl piala dunia?syukur timnas kita menang,bgmn kl sebaliknya?kacau kalian tuh,dasar tak berpendidikan...maaf,tq.
• Balas



Bagaimana menurut kawan semua. Kalau mau milih, mau pilih yang mana, komentar yang pertama atau yang kedua. Terserah kawan semua......he..he...

29 komentar:

  1. kalo sdh kalah sob ya palingan cari masalah yang penting jangan terpancing oleh negara tetangga

    BalasHapus
  2. Yang jelas.. aku terlahir sebagai bangsa indonesia.. tapi kini aku semakin tidak mengerti dan mengenal akan perilaku bangsaku yang katanya menganut adat ketimuran....kadang anarkis..kadang brutal..gampang marah.. dalam segala hal bukan hanya suporter saja.. kalo masalah suporter..dari dulu sampai sekarang sama aja..tau sendirilah.

    BalasHapus
  3. sportivitas dari pendukung grup sepakbola di Indonesia memang sudah cukup diketahui. Dengan berbagai aksi yang ada. Tidak ada salahnya kita memberikan support penuh tapi apakah harus dengan anarkis, tidak menghormati, kata-kata kasar, penghinaan dan sebagainya? apalagi di media yang jelas2 dilihat oleh semua orang... Jujur, mentalitas supporter Indonesia yang baik dan sportif masih sangat kurang.

    Seharusnya, bagaimana kita memberikan dukungan dengan cara yang baik, karena itu juga adalah sumbangsih kita...

    Buat persepakbolaan Indonesia.. tetap maju
    Buat Supporter Indonesia, tunjukkan kedewasaan dan sportivitas kita... untuk Indonesia

    BalasHapus
  4. Sbenarnya tidak ada masalah..tp yg jadi persoalan suporter yg bawa petasan dan bertindak semaunya saat laga berlangsung, karena kita bisa diganjar tidak bisa jadi tuan rumah jika kita lo2s k ba2k final.

    Tp salut buat suporter kita...88ribu penonton...bravoo...

    BalasHapus
  5. Antusisme untuk memberikan dukungan itu sangat penting. Tapi, jangan sampai antusiasme itu berbuah pada perbuatan yang malah mengacaukan apa yang telah baik. Ya, seperti ini...

    Salam BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  6. Banyak alesan tuh kalau uda kalah biasa lah nyari kambing hitam...

    BalasHapus
  7. Hehe iya yang pnting suporter jangan bawa petasan..
    kalo mau lebaran aja. hehe :p

    BalasHapus
  8. :D
    emosi ya kk :D
    tpi untunglah ya :)
    optimis bnget neh indo bakal mnang :)

    BalasHapus
  9. namanya orang ngefans memang kadang bertindak 'agak berlebihan' gapapa sih asal gak anarkis :D
    makasih infonya :)

    BalasHapus
  10. smoga saja meskipun timna \s kalah,para supporter tetep aman dan bersahabat.

    salam

    BalasHapus
  11. gak pernaj keturutan untuk mendukung langsung melalui stadiun dikarnakan selalu bentrok dengan kegiatan nguliah :(

    salam indonesia

    BalasHapus
  12. SEMANGAT semuanya
    tetap dukung GARUDA Ku

    BalasHapus
  13. Saya harap para pendukung timnas bisa profesional dan proporsional dalam memberi dukungan kepada para timnas. dan jngan sampai terpancing oleh propokasi2 yang merugikan kita.

    BalasHapus
  14. saya jg sempat berpikir tuh.... bagaimana kalo saat itu negara kalah. untung saja menang..

    BalasHapus
  15. Sempat berpikir tuk pergi.. dan terlintas tinggalkan kau sendiri...dst by: Slank buat semua yg anarkis..

    BalasHapus
  16. memang sebaiknya pendukung indonesia mendukung dengan cara sportif aja.. kemaren pemain filiphina jg protes karena ada tembakan laser ke arah pemain..
    jgn sampai final AFF tidak di indonesia, bs kalah support dan motivasi nih..
    ayoo indonesia ntr malam menang

    BalasHapus
  17. supporter indonesia kebanyakan bonek siih :D

    BalasHapus
  18. Kenapa sifat "klasik" supporter Indonesia tidak juga bisa berubah? Apakah warisan dari nenek moyang? he..he..he..Salam kenal Mas

    BalasHapus
  19. maaf gan artikel nya saya copas
    tapi udah saya tampilkan sumbernya :)

    BalasHapus
  20. gan tukeran link yuk? linknya sudah saya pasang di sidebar blog saya

    BalasHapus
  21. abisnya saking semngatnya dukungan buat TIMNAS

    BalasHapus
  22. kalo saya jujur tidak suka orang yang ngeyel, tentang kembang apinya kabarnya hari ini muncul lagi.. parah, ntu!

    BalasHapus
  23. Saya kira sepakbola cenderung seperti itu, dimanapun mereka berada, baik di Indonesia atau di luar negri.

    BalasHapus
  24. wes suporter bisanya buwat ribut aja,. gak di indonesia gak di luar

    BalasHapus
  25. Bisa jadi itu ulah2 oknum aja

    BalasHapus
  26. memang sebaiknya kita tidak melalukan perbuatan yang bisa merugikan timnas ...

    BalasHapus
  27. Ya. kalo supporter Indonesia emang gitu, harusnya lebih bisa menahan diri. Datang sebagai supporter ya datang sebagai pendukung Indonesia. Jangan malah mengacaukan yang lain :)

    BalasHapus
  28. bikin stadion kayak di inggris yuk..:D

    BalasHapus
  29. yah... gitulah sob... di satu sisi aku bangga menyebut diriku berbangsa Indonesia... di sisi lain, aku malu... aku malu dengan kelakuanku sendiri yang sebenarnya kurang mencerminkan bangsaku...

    BalasHapus