Pages

Senin, Desember 06, 2010

Selamat Tahun Baru Islam 1432 Hijriah

Selamat Tahun Baru Islam 1432 Hijriah, tahun, baru, islam, hijriah, 1 muharramTeras Info - Sebenarnya saya ingin posting artikel ini kemarin sore, pas setelah ba'da Maghrib, yatu tepat masuk tanggal 1 Muharram yang merupakan tahun baru Islam 1432 Hijriah . Namun sayang, saya lupa, kenapa lupa? saya ketiduran kawan...he..he...hampir-hampir saya ngga shalat isya, tapi alhamdulillah saya masih di beri kesempatan oleh yang Maha Kuasa untuk bisa melaksanakan shalat Isya di tengah malamnya.

Tahun baru Hijriah,
Tahun baru Hijriah ini ditetapkan pada saat Baginda Rasulullah saw berhijrah dari Mekkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Lalu mungkin muncul pertanyaan seperti ini, mengapa hijrahnya Rasulullah saw dijadikan permulaan datangnya tahun baru hijriah atau 1 Muharram. Menurut info yang saya kutip dari blog sahabat tqhamburg.multiply.com yang bersumber dari berbagai referensi sejarah Islam, disitu dijelaskan bahwa hijrahnya Rosulullah saw adalah sangat besar sekali artinya, karena pada saat sebelum Rasulullah saw berhijrah, keadaan umat muslim sangat tertindas dan tersiksa oleh kaum musyrik, namun setelah beliau berhijrah, kekuatan Islam pun mulai tumbuh berkembang semakin kuat hingga terbentuk sebuah negara Islam yang kemudian memiliki peraturan, pimpinan serta undang-undang tersendiri. Nah, oleh sebab itu, peristiwa hijrahnya Rasulullah saw ini dijadikan awal penanggalan masuknya tahun baru hijriah atau 1 Muharram, karena diharapkan dengan itu semua, perjauangan Rasulullah saw akan bisa selalu dikenang oleh seluruh umat muslim akan pengorbanan dan semangat beliau dalam menyebarkan ajaran Islam. Selain itu, dengan hijrahnya Rasulullah saw juga telah menunjukkan bahwa Allha swt membedakan mana yang haq dan mana yang bathil, yang artinya membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Kemudian mungkin mucul lagi pertanyaan, mengapa bulan Muharram ditetapkan sebagai bulan pertama dalam tahun Hijriah?... Seperti yang telah diriwayatkan, bahwa Rasulullah saw keluar dari kota Mekkah pada hari kamis akhir bulan Shafar, kemudian keluar dari tempat persembunyiannya di gua Tsur yaitu pada tanggal 2 Rabi'ul Awwal atau 20 september 622 M untuk melakukan perjalanan menuju ke Madinah. Menurut al-Mas'udi, Rasulullah saw memasuki Madinah yaitu tepat pada malam 12 Rabi'ul Awwal. Sedangkan Umar dan para sahabatnya menetapkan awal bulan masuknya bulan Hijriah adalah bulan Muharram bukannya bulan Rabi'ul Awwal karena semata-mata Umar dan para sahabat memandang karena bulan Muharram adalah bulan yang merupakan mula-mula Rasulullah saw berniat untuk berhijrah. Selain itu juga, dibulan Muharram ini jugalah para jama'ah haji baru selesai melaksanakan dan berpulang dari prosesi hajinya kenegeri mereka masing-masing. Nah, maka dengan adanya keputusan tersebut, maka ditetapkanlah bahwa hijrahnya Rasulullah saw itu jatuh pada bulan Muharram serta di pandang patut sebagai permulaan tahun dalam kalender Islam.



Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan dalam artikel yang sempat telat saya posting ini. Mohon maaf jika ada kesalahan, dan mohon koreksinya, karena ini adalah berhubungan dengan agama, jadi saya mohon, jika ada kesalahan, saya mengharapkan kritik serta sarannya yang membangun dari kawan semua.

Terimakasih banyak...

...Selamat tahun baru Islam 1432 Hijriah...

18 komentar:

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    Ngomong2 ttg tahun baru hijrah,,,jadi ingat kisah ttg kesabaran abu bakr as sidiq dlm menopang tubuh rasul yg tertidur di pangkuannya....

    Hemh...



    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  2. Salam Sahabat Common Cyber
    *****************************

    mas'e kemarin gak ngikut tabligh akbar di kotanya mas?

    Eman-eman lho...

    BalasHapus
  3. selamat tahun baru juga, semoga semuanya lebih baik lagi.

    BalasHapus
  4. selamat tahun baru islam 1432 hijriah,bagi yg merayakanya!semoga hati yg lama berubah jd hati yg baru!,,heheh aku yakin anda tau maksd saya....

    BalasHapus
  5. syukurlah sholat isya-nya tidak terlewat.
    sholat isya dan ashar biasanya berat, karena kadang pas tidur.
    makasih artikelnya, semoga kita bisa meneladani Beliau Rasulullah saw....amin3x....

    met tahun baru Hijriah juga.

    BalasHapus
  6. Selamat Tahun Baru Islam 1432 Hijriah..tetap semangat sob ngeblognya

    BalasHapus
  7. selamat taun baru bro.
    makin sukses ya..duia dan akhirat.:)

    BalasHapus
  8. Selamat Tahun Baru Hijriah... semoga di tahun baru ini kita dpt menjalaninya dg jauh lebih baik. Amin.

    BalasHapus
  9. numpang baca2 y ..

    Selamat tahun baru hijriah ..

    salam :)

    BalasHapus
  10. gak nyangka udh ganti tahun lg...
    :D
    met tahun baru semua...!!!
    moga tahun dpn menjadi lbh baik

    BalasHapus
  11. selamat tahun baru baru 1432 hijrah juga, mas sop, semoga bisa menjadi momentum yang tepat utk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. salam.

    BalasHapus
  12. sebagai umat Muslim tentunya Tahun Baru Islam ini kta sambut dengan penuh suka cita, sambil berdo'a dan bersyukur atas kesempatan hidup yg diberikan.



    "SELAMAT TAHUN BARU 1432 H"

    BalasHapus
  13. wah.. bagus juga ada yang memperingati yahun baru islam.....

    BalasHapus
  14. jadi rasulullah sudah berniat berhijrah 1 bulan sebelumnya, sehingga beliau memiliki waktu untuk melakukan persiapan - alhamdulillah

    BalasHapus
  15. semoga hari esok lebih baik dari hari ini

    BalasHapus
  16. Selamat tahun baru ISlam.. Semoga kita menjadi lebih baik dan sejahtera

    BalasHapus