Pages

Kamis, Januari 27, 2011

Peninggalan Masa Pra Sejarah Kota Bogor

Teras Info - Kota Bogor merupakan salah satu kawasan di Tatar Sunda yang kaya akan peninggalan-peninggalan pra sejarah, serta sumber daya arkeologis dari berbagai periode budaya.

Sebagai contoh peniggalan-peninggalan pra sejarah kota Bogor ini diantaranya adalah batu Dakon dan Punden Berundak.


Peninggalan Pra Sejarah Kota Bogor, Batu Dakon, Punden Berundak, Arkeologis, Kota Bogor, Megalitik1.Batu Dakon.
Batu Dakon merupakan bukti dari salah satu peninggalan masa pra sejarah di kota Bogor. Batu Dakon ini secara administratif terletak di kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan. Dengan lokasi yang berada pada koordinat 06˚ 36’ 42,9” LS dan 106˚ 47’ 53,5” BT. Objek ini dapat dijumpai melalui jalan setapak yang berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk, dari kantor kecamatan Bogor Selatan kearah utara dengan perjalanan kira-kira 150 m.

Selain itu, batu Dakon juga dapat di jumpai di kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, yang lebih sering dijuluki dengan istilah "Batu Tapak" oleh warga sekitar.

2.Punden Berundak.
Sama halnya dengan batu Dakon, Punden Berundak ini merupakan peninggalan masa pra sejarah (masa megalitik) kota Bogor.

Secara administratif, Punden Berundak ini terletak di kelurahan Pasir Mulya, kecamatan Bogor Barat. Untuk menuju objek ini, dapat ditempuh dari Jalan Raya Ishak Djuarsa, kemudian dilanjutkan dengan melewati jalan Wates, sejauh 30 m.
Lokasi Punden Berundak ini berada pada koordinat 06˚ 35’ 44,0” LS dan 106˚ 46’ 41,5” BT. Bagian dari Punden Berundak ini tersusun atas bongkahan batu-batu adesit.

Untuk peninggalan-peniggalan masa pra sejarah lainnya diantaranya adalah batu disolit, yang terletak di Gang Amil kelurahan Batu Tulis, serta batu Congkrang yang terletak dijalan Batu Tulis, tidak jauh dari pasar Balakembang.

Bagi anda yang penasaran ingin melihat langsung objek-objek peninggalan masa pra sejarah kota Bogor ini, silahkan saja langsung berkunjung ke kota Bogor, Jawa Barat, dan langsung saja bertanya pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor untuk lebih lengkapnya.




Referensi: DINAS KEBUDAYAAN KOTA BOGOR, PETA PUSAKA BUDAYA KOTA BOGOR.


26 komentar:

  1. sebagai bukti bahwa di masa lampau nenek moyang kita sudah mengenal budaya

    BalasHapus
  2. Wah...,peninggalan prasejarah yang harus dijaga dan diw=rawat dengan baik tuh.

    BalasHapus
  3. Wah..keren yah tempatnya.
    Peninggalan pra sejarah seperti ini harus dijaga keberadaannya, agak tidak hilang dimakan waktu.

    BalasHapus
  4. batu dakon, pantesan mirip banget sama tempat permainan dakon,
    Ngomong2 gambar buat punden berundak mana kang? Penasaran nih, hhhe!

    BalasHapus
  5. wach,harus menyimak baik baik nich..
    soalnya saya suka sama sejarah...
    makasih infonya ka...
    salam........

    BalasHapus
  6. Di Sumatera Selatan malah ada ada sebuah lokasi yang punya banyak sekali peninggalan pra sejarah, dataran tinggi Tinggi Hari, di Kabupaten Lahat...
    Semua jenis peninggalan pra sejarah ada di sana... :D

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  7. perlu di jaga sob jangan sampe peninggalan kota bogor tetap dikenal sepanjang masa..

    BalasHapus
  8. Pagi Sob :P

    Hem.. klo punden berudak kayanya aku udah denger itu nama dari masih SMP, dipelajaran sejarah lah pokoknya, tapi klo Batu Dakon aku baru tau ini malah hhe... pokoknya peninggalan sejarah kaya gini mesti di lestarikan lah... :P

    BalasHapus
  9. salam sahabat
    jadi tahu pnginggalan di bogor
    oh iya dah saya follow dan kalau mau ikutan kontes silahkan ikut masih dibuka kok.terima kasih

    BalasHapus
  10. konon kadang dijadiin tempat ritual 'seniman tradisional', makasih infonya sobat. lestarikan budaya negeri :)

    BalasHapus
  11. Jadi inget waktu ada presentasi dari dinas kebudayaan disekolah kita :p

    BalasHapus
  12. Salam sahabat , bagus nih untuk dipelajari anak-anak sekolah sebuah penggalan prasejarah yang harus dijaga

    BalasHapus
  13. wah udah lama nih enggak main ke bogor, padahal jakarta bogor lumayan deket :)

    BalasHapus
  14. kita perlu belajar sejarah lagi nih.. :))

    BalasHapus
  15. menarik nih sahabat, bila ke Bogor ingin juga melihat peninggalan2 tsb.

    BalasHapus
  16. peninggalan ni kudu tetap dijaga yo mas...bukti prasejarah ini membuat kita semakin menyadari bahwa di negeri ini masih banyak peninggalan pra sejarah yang belum diketahui

    BalasHapus
  17. mohon ijin nyundul kota bogor gan!
    makasih :-)

    BalasHapus
  18. batu dakon !?!?!?
    biji dakonnya ada juga gak, sekalian dakonan bareng2 . . :D

    BalasHapus
  19. mudah-mudahan masyarakat sekitar bisa terus menjaga dan melestarikannya...

    BalasHapus
  20. Waow... kapan ya saya ke Bogor untuk melihatnya...
    Sejarah itu perlu bagi kita..
    Makasih infonya sobat

    BalasHapus
  21. bogor termasuk segelintir kota yang masih peduli utk mempertahankan situs2 tertua, mas sop. semoga bisa terus dipertahankan dan dikembangkan utk memberikan bukti peradaban bangsa kita masa lalu pada anak cucu.

    BalasHapus
  22. Gan Link BLog Ini Udah Ane Pasang SIlakan Dicek,,Pasang Balik Yah Ane TUnggu Kunjungan Balasannya...

    BalasHapus