Pages

Minggu, Januari 30, 2011

Selayang Pandang Kebun Raya Bogor

Selayang Pandang Kebun Raya Bogor, kebun raya, botanical gardenTeras Info - Bagi anda yang bermukim di kota Bogor, Jawa Barat, pastilah mengenal salah satu obyek wisata sekaligus kawasan pelestarian lingkungan ini, iya..betul, Kebun Raya Bogor (Botanical Garden). Kebun Raya Bogor memiliki luas mencapai 80 hektar, serta memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Disamping Kebun Raya Bogor ini juga terdapat pusat-pusat keilmuan, diantaranya adalah Museum Zoologi dan IPB, serta Herbarium Bogoriense. Selain itu, di Kebun Raya Bogor ini juga terdapat Istana Presiden, Perpustakaan, koleksi taman anggrek, dan ribuan koleksi tanaman tropis yang telah dikelompokan sesuai dengan jenisnya. Dan ada juga beberapa jenis bunga yang tergolong langka, diantaranya adalah bunga Rafflesia Arnoldi, bunga Fragnant Frangipani, serta bunga Lily Jawa yang sudah langka.

Sekilas tentang berdirinya Kebun Raya Bogor.
Kebun Raya Bogor ini di dirikan pada tanggal 18 Mei 1817, atas usulan dari Dr. Casper Goerge Carl Reinwardt, yang disampaikan pada G.A.G.P. Baron Van Der Capellen, Komisaris Jendral Hindia Belanda, pada tahun 15 April 1817. Nama Kebun Raya pada masa itu adalah Slands Plantentiun te Buitenzorg. Pada tahun 1949, empat tahun setelah kemerdekaan Indonesia, Slands Plantentiun te Buitenzorg, berganti nama menjadi Jawatan Penyelidikan Alam. Pada tahun 1956, untuk pertama kalinya Kebun Raya Bogor di pimpin oleh bangsa sendiri,yaitu oleh Sudjana Kasan, menggantikan J. Douglas.

Kebun Obat di Kebun Raya Bogor.
Kebun Raya Bogor memiliki beberapa macam koleksi tanaman obat, diantaranya ada yang telah dibudidayakan dan ada juga yang masih tumbuh liar. Adapun koleksi tanaman obat di Kebun Raya Bogor ini diantaranya adalah kumis kucing (ortho shipon aristatus), tapak iman (elephanto pus scaber), mengkudu (morinda citrifolia), dan pule pandak (rauvolfia Serpentina).

Koleksi Palem-Paleman di Kebun Raya Bogor.
Palem merupakan salah satu kelompok tumbuhan tinggi yang termasuk dalam kelas tumbuhan berkeping satu (Monocotyledoneae). Kelompok tumbuhan ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena penampilannya yang indah dan menarik serta perawatannya yang mudah.

selain sebagai tanaman hias, pohon Palem pada jenis tertentu berpotensi sebagai karbohidrat berupa pati/gula, seperti aren (Arenga pinnata), Nipah (Nypa fruticans), Sagu (Metroxylon sagos) dan Kelapa (Cocos nucifera).

Di dunia ini terdapat sekitar 2800 jenis palem, yang terdiri dari 200 marga, dan 576 jenis diataranya (48 marga) merupakan Palem asli Indonesia. Di PKT Kebun Raya Bogor, saat ini Palem yang sudah dikoleksi berjumlah kurang lebih 1215 spesimen yang terdiri dari 286 jenis (92 marga).

PETA

Selayang Pandang Kebun Raya Bogor
Referensi :
  • Kebun Raya Bogor
  • http://www.urbanesia.com/profile/kebun-raya-bogor/#
  • http://www.bogorbotanicgardens.org/tentang.php

22 komentar:

  1. tempat wisata yg keren komplit dan di hiasi tumbuhan obat2an.. wah jadi pengin kesana nih..

    BalasHapus
  2. wah, entah kapan saya terakhir ke kebun raya. bener2 bisa menjadi sebuah laboratorium alam dan bisa bikin capek jika harus berkeliling.

    BalasHapus
  3. JAdi pengen ke kebun raya lagi nih...he..he..

    BalasHapus
  4. selayang padang atau selayang pandang yg bener?

    BalasHapus
  5. yg bener masakan padang...heueu...
    Kebun raya bogor letakknya di bogor ya?
    :)

    BalasHapus
  6. sudah pernah ke Bogor, tapi baru tahu secara lebih lengkap disini, makasih sahabat atas nfonya.

    BalasHapus
  7. Ini dia nih, tempat wisata kebanggaan bogor, hehe :D

    BalasHapus
  8. info yang keren..
    kalo emang ngaku anak bogor tapi blom pnah ke Kebun Raya Bogor kebangetan tuh namanya...ya kga sob??

    BalasHapus
  9. saya orang Cianjur dekat dengan bogor, tapi selama ini belum pernah ke kebun raya bogor, hik hik hik kasihan dech aku...

    BalasHapus
  10. wooow informasi yang mantap
    aku baru sekali ke kebun ini
    beberapa tahun lalu

    BalasHapus
  11. Selamat malam ..
    wah saya belum pernah kesana ... namaun kalau melihat cuplikan dari TV sudah beberapa kali melihatnya ,,, kalau ada dana hendak rasanya berkunjung kesana.

    BalasHapus
  12. wah udah ganti toh judulnya..(:

    BalasHapus
  13. Gan Link BLog Ini Udah Ane Pasang n ane follow SIlakan Dicek,,Pasang n follow balik yah Balik Yah Ane TUnggu Kunjungan Balasannya :D

    BalasHapus
  14. SALAM PERSAHABATAN
    PETANYA BAGUS YA
    BISA MEMBESAR

    BalasHapus
  15. aku belum pernah ke KEBUN RAYA BOGOR

    BalasHapus
  16. wah tua juga 1817... saya belum pernah kesana.. ga jadi terus.. cuma lewat2 aja :D

    BalasHapus
  17. wah, jd pengen maen kesitu lg

    BalasHapus
  18. met sore bro
    ntar kalo jalan ke bogor
    aku mampir deh

    BalasHapus
  19. Bogor itu Kota Hujan yach?...\
    pantesan suka kirim-kirim banjir ke Jakarta :D

    BalasHapus
  20. salam kenal sob, thanks atas kunjungannya,,,infonya mantap mantap...saya jadi tau tentang kebun raya bogor. oh ya sob, link teras info sudah saya pasang di halaman depan, link back ya sob...! thx

    BalasHapus