Pages

Minggu, Januari 23, 2011

SBY Keluhkan Gajinya, Maksudnya?

SBY Keluhkan Gajinya, Maksudnya?,pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhonyono, mengenai gajinya, sudah 6-7 tahun belum naikTeras Info - Belakangan ini, negeri kita tengah ramai-ramainya membicarakan tentang pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhonyono (SBY) mengenai gajinya
yang sudah 6-7 tahun belum naik.

Pada 21 Januari 2011, di Balai Samudera, Jakarta, saat berpidato hadapan petinggi TNI dan Polri, SBY menyatakan,"Sekarang ini tahun ke enam, ketujuh, kepemimpinan saya, gaji presiden belum naik, iya, itu betul".

Keluhan SBY mengenai gajinya ini bukanlah kali pertama. Pada 04 April 2009, dihadapan para guru, Susilo Bambang Yudhoyono pun sempat mengeluarkan pernyataan yang sama, "Gaji saya belum pernah naik". Ngga apa-apa.

Mungkin, ibarat boomerang efek, curhatan yang di ungkapkan SBY ini, kini membalik menampar wajahnya sendiri. Pasalnya, pro dan kontra dari masyarakat maupun para kritikus atas pernyataannya itu kini mulai pecah. Mulai dari media masa sampai situs jejaring sosial, twitter misalnya, yang didalamnya terdapat "gerakan koin untuk presiden"(Help Presiden Salary).
Kritikan yang pedas kini mulai menyerang dari berbagai kalangan, baik publik, para pengamat politik, maupun kritikus. Yang akhirnya berujung pada pencitraan masyarakat terhadap Sang Presiden.

SBY Keluhkan Gajinya, Maksudnya?Lalu berapakah sebenarnya gaji presiden selama ini? Gaji presiden sendiri kurang lebih mencapai RP.62.497.800,-/bulan, dengan tambahan dana taktis sebesar Rp.2 Milyar/bulan. Jika kita pikir-pikir, gaji tersebut bukan gaji yang sedikit. Dibandingkan dengan keadaan rakyat yang kini masih banyak yang sengsara, memakan nasi aking untuk mengisi perut.
Selain itu, segala kebutuhan presiden, sampai busanapun semuanya ditanggung oleh negara. Jadi, bahkan para presiden di Indonesia selama ini gajinya hampir tidak tersentuh sama sekali. Namun, mengapa SBY sampai mengeluarkan pernyataan yang menuai kontroversi yang bisa dibilang serius ini. Apa makna dari semua itu? Sebuah motivasikah, atau hanya kesensitivan semata? Mestinya hal itu merupakan hal yang tidak seharusnya diungkapkan dihadapan publik. Hal pribadi yang seharusnya tidak bocor seperti sekarang ini.

Presiden adalah seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang mestinya telah memiliki bekal, kalkulasi politik paling baik. Seorang presiden tak seharusnya perasa atau terlalu sensitif terhadap kritikan-kritikan yang ada. Karena, mungkin saja pernyataan yang dilontarkan oleh SBY mengenai gajinya ini merupakan bagian dari kekesalannya selama ini atas kritik yang bertubi-tubi menyerangnya. Namun kembali lagi, untuk apa jadi pemimpin kalau tidak ingin mendapat kritik ?...

34 komentar:

  1. malu dia sm obama yg gajinya sampai 3 miliaran lebh

    BalasHapus
  2. presiden juga manusia, ketika pegawai yg lain minta naik gaji, ya ikut juga lah, biar rame ..

    salam :)

    BalasHapus
  3. Presiden harusnya merakyat, bukannya menjaga jarak dengan rakyat.

    Link sahabat sudah terpasang ^_^

    BalasHapus
  4. mungkin maksudnya presiden sudah bosan jadi orang baik, jadi dia juga ingin korupsi seperti Gayus misalnya.

    BalasHapus
  5. SBY juga manusia toch, yang perlu biaya hidup!
    apalagi seorang presiden yg nilai resiko hidupnya sangat besar sekali!

    yuk kita sama-sama ikut mendukung gerakan coin buat pak esbeye... :D

    BalasHapus
  6. perkataan pak presiden kala itu jika ditanggapi dengan persepsi yg berbeda akan menghasilkan pendapat yg beda juga..
    buat saya sih..tetep, no komen

    BalasHapus
  7. oia, link udah ku pasang juga..

    BalasHapus
  8. presidenkock keluhkan gaji?

    BalasHapus
  9. Hahaha... Dasar SBY...
    Mau jadi apa negara ini kalo presidennya suka ngeluh gak jelas seperti ini... ck ck ck

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  10. sebenarnya bukan mengeluh, tapi minta pengertian rakyat "masa kalah sama harga cabe yg terus naik, gaji presiden kok ga naik" ha ha ha... (gan link ana http://abdul-sidik.blogspot.com beralih jadi www.abdulsidik.com)

    BalasHapus
  11. Kenapa juga SBY bicara tentang gajinya yg gak pernah naik..? Gak etis lagi...

    BalasHapus
  12. Kalau gaji sebanyak itu, Shasa bisa minta gak ya..? hahaha

    BalasHapus
  13. aduh....itu pernyataan politik atau emang maunya naek gaji ya?pdhal itu aja dah gede lho..saya mau dengan gaji setengahnya dari SBY, soalnya kemanapun dia bergerak dibiayai uang negara...apa itu ga cukup????

    BalasHapus
  14. waduh, masa gitu aja ngeluh. kan udah gede gajinya.

    BalasHapus
  15. Tuhan sedang menunjukkan siapa-siapa kita di negri porakporanda ini. Semoga anak cucuku tak menjadi bagian dari kerusakan yang terus menggila.

    BalasHapus
  16. Hampir bersamaan dg munculnya lagu 'gayus', ane nyanyi saja: 'andai ku jadi s.b.y, yang bisa minta naik gajiii..' xixixi

    BalasHapus
  17. kalau masih ngeluh gimana kalau tukar saja dengan gajiku, setahun saja :-)

    BalasHapus
  18. komen ah, menurut saya maksud presiden itu baik. bukan mita gajinya naik tapi ngasi contoh ke rakyat,. kalo dia aja ga naik2 gajinya tetep kerja. yang lain, yg gajinya terus naik, semangat dong kerjanya,.gitu

    tapi bentar lagi isu ini bakal ilang karena UFO, haha

    BalasHapus
  19. maksudnya mungkin ingin menunjukkan dia tidak masalah gaji tidak naik bertahun2. cuman kan 60 jeti gitu loh... nah kalo prajurit yg gajinya 500 rebu suruh perang trus ngeluh gaji kurang mongsok gak boleh... :D

    BalasHapus
  20. gaji sudah segede itu ngeluh ga pernah naik? bagaimana dgn karyawan yg digaji dibawah UMR?

    BalasHapus
  21. Hahaha. presiden trnyata makan gengsi juga
    bikin malu aja

    Aku jga kmaren baru baca "Gerakan koin utk Presiden" d koran, ckckck

    BalasHapus
  22. Sangat2 nggak pantes si BEYE ngomong gitu.
    Hasil kerja nya aja belum keliatan, udah minta naik gaji..
    >.<

    BalasHapus
  23. halah halah, SBY jg minta naik gaji toh???
    :)

    BalasHapus
  24. Mending nyanyi aja dech: Ku Tak Mau Seorangpun tahuuuu, biarlah kuderita sendiri...

    BalasHapus
  25. sudah saatnya kita mogok bayar pajak, wajar saja banyak penduduk yang tak mau bayar pajak... dibayar malah seperti ini hasilnya.

    BalasHapus
  26. bicara soal gaji, pasti berapa pun akan selalu merasa kurang, mas sop, saya juga heran sama pak beye. kok ya tega2nya gajinya di-curhatkan di depan publik. padahal, konon gajinya melebihi orang nomor 1 di india dan cina.

    BalasHapus
  27. kalau saya mendengar pidato presiden ketika mengumumkan kenaikan gaji di hadapan para petinggi TNI kok tidak menangkap adanya curhatan permintaan kenaikan gaji yah, tapi lebih ke memberikan contoh kepada para TNI bahwa dengan kenaikan gaji TNI itu diharapkan loyalitas dan nasionalisme TNI terhadap bangsa dan negara lebih ditingkatkan lagi. Mungkin antonim yang diberikan presiden merupakan senjata ampuh bagi Media atau juga lawan politiknya untuk menyerang beliau.

    ini merupakan pandangan pribadi saya dari sisi lain.

    BalasHapus
  28. Kalau menurut saya sih itu manusiawi, kenapa harus dibesar-besarkan, padahal masalah yang lebih besar banyak. eee alah, orang-orang kita memang suka komentar, saya jadi bingung mana yang doktor, mana yang dosen, mana yang intelek, mana yang tukang becak, kok komentarnya sama, bedanya cuma yang satu pernah kuliah, yang satu tidak.

    BalasHapus
  29. Gaji yang tinggi masih kurang saja...itulah sifat manusia selalu dan selalu..semakin tinggi penghasilan juga semakin tinggi kebutuhan hidupnya...tapi kalau sudah benar benar tinggi se ujung gajinya kan cukup untuk biaya Hidup....

    BalasHapus
  30. Ayolah... kritik memang mudah dilontarkan apalagi bila hanya memandang dari satu sisi saja (sebagai kacamata rakyat semata)...

    Dukung kinerja beliau, sehingga rakyatpun terbantukan kemajuan dan kesejahteraannya.. sudahkah membayar pajak? sudahkan mematuhi peraturan dan berperilaku sebaik-baiknya warga negara? sudahkah kita memberikan dharma bhakti kita buat anak bangsa dalam kiprah kita masing-masing? Sudahkan kita menjadi duta bangsa yang baik dalam scope individu? Sudahkah kita memberdayakan lingkungan kita?

    Nah kalau kita sebagian besar sudah melakukan atas yang dipertanyakan diatas.. barulah komplain dan kritik pedas itu rasanya lumrah dilontarkan...

    A great nation is a bunch of people that respect the leaders and contributes positively as a whole..

    Complaining is merely a reflection of how ungrateful we (really) are... SBY hanyalah seorang manusia biasa juga.. bila tidak didukung oleh rakyatnya tidaklah bisa sukses dia mengatur negeri ini...

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari negeri si abu nawaz yang konfliknya nggak kelar-kelar...

    BalasHapus
  31. namanya manusiakan g pernah bisa merasa cukup

    BalasHapus