Pages

Minggu, Februari 20, 2011

Berapa jumlah planet di Bima Sakti?

Berapa jumlah planet di Bima Sakti?, 5o miliar planet, Bima Sakti Teras Info - Sudah seminggu saya absen dari blog ini, dan kali ini baru bisa posting lagi, dikarenakan kesibukan di dunia offline. Selagi ada kesempatan, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai jumlah planet dialam semesta, info ini saya kutip dari laman VIVAnews.com . Silahkan klik saja jika ingin mengunjungi langsung sumbernya.
Berdasarkan hasil sensus kosmik pertama di galaksi Bima Sakti yang dilakukan oleh para ilmuwan antariksa, terdapat 50 miliar planet di galaksi Bima Sakti.



Ada sekitar 500 juta planet yang berada pada wilayah yang bersuhu tidak begitu panas maupun dingin, yang bisa saja terdapat kehidupan didalamnya. Perkiraan jumlah planet tersebut berdasarkan hasil pengamatan sementara teleskop Kepler dari Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.

Untuk sekarang ini, teleskop Kepler sudah menemukan sekitar 1.235 planet yang diperkirakan bisa dihuni oleh makhluk hidup, dan 54 planet diantaranya terdapat di zona Goldilocks (waduh dimana tuh....he..he..)

Menurut ilmuwan Kepler, Borucki serta kawan-kawannya memperikirakan, satu diantara dua bintang kemungkinan memiliki planet, serta satu dari 200 bintang memiliki planet yang kemungkinan dapat menjadi tempat tinggal makhluk hidup.

Namun semua itu baru perkiraan minimum saja, sebab setiap bintang bisa memiliki lebih dari satu planet, dan untuk teleskop Kepler sendiri belum mampu untuk melihat planet-planet yang berada diluar bintang.

Sebelum sensus planet ini dilakukan, para ilmuwan memperkirakan ada sekitar 100 milyar bintang di Bima Sakti. Sedangkan para astronom Universitas Yale, pada tahun lalu memperkirakan ada sekitar 300 milyar bintang di Bima Sakti.



Jika jumlah bintang di Bima Sakti saja sudah sebanyak itu, wahh....berapa banyak ya kira-kira jumlah planet di alam semesta ini,...hmmm, pasti banyak sekali.

25 komentar:

  1. terus kapan kita pindah dari bumi

    BalasHapus
  2. tidak terbayangkan, betapa luasnya jagat raya ini. maha besar Allah

    BalasHapus
  3. selain bima sakti masih ada galaksi lain...artinya bisa saja ada kehidupan lain di galaksi tsb...bagaimana ya caranya kita migrasi dari bumi kesana...heheheee...

    BalasHapus
  4. Mengingatkan Kita pada pelajaran sekolah...dan tentang planet yg Bisa dihuni....siapa yg menghuninya GERANGAN.....sukses gan

    BalasHapus
  5. subhanallah, betapa besar kuasa Tuhan menciptakan semesta dengan beragam planet dan benda2 lain di sekitarnya. membaca postingan ini, makin bertambah rasa syukur kita kepada Sang Pencipta.

    BalasHapus
  6. Memang di dunia ini sangat banyak Planet yang belum kita ketahui ..
    Nice info sob .. :D

    BalasHapus
  7. hanya Allah yang tahu berapa banyaknya bintang di jagat raya ini...

    BalasHapus
  8. postingan yang bagus kawan
    nambah pengetahuan
    terima kasih ya

    BalasHapus
  9. dulu sempat belaja mengenai tata surya, tapi sekarang uda lupa,, hehehe

    BalasHapus
  10. 1.235 planet yang diperkirakan bisa dihuni oleh makhluk hidup..? Banyak juga ya...

    BalasHapus
  11. Suka lihat foto galaksinya... :)

    BalasHapus
  12. Waktu sekolah dulu hanya belajar sedikit tentang tatasurya... hehehe

    BalasHapus
  13. Ternyata banyak planet yg belum aku ketahui...

    BalasHapus
  14. wiih terbayang ya itu petugas sensusnya, kemarin aja pas sensus BPS udah repot apalagi yang sensus ini :)

    BalasHapus
  15. Artikelnya keren banget, beda dari yang lain... keep update..

    BalasHapus
  16. semuanya ciptaan ALLAH SWT

    BalasHapus
  17. misteri alam yg tidak semuanya dapat dipecahkan oleh manusia, nice info sahabat.

    BalasHapus
  18. banyak sekali ya bintang di jagat raya ini, pasti hanya sedikit yang bisa diamati oelh manusia...

    BalasHapus
  19. ga keitung banyaknya gannnn, gilaa, gimna itungnya yaaa, hahaaa

    BalasHapus
  20. 1)Berapa jumlah bintang yang ada di Jagat Raya? 2)Saya jawab sendiri; ADA DELAPAN RATUS TRILIUN. 3)Jika anda tidak percaya SILAHKAN HITUNG SENDIRI. Terima kasih: CWW Suramanggala

    BalasHapus