Pages

Kamis, Februari 03, 2011

Pisang, Buah Yang Kaya Akan Manfaat

Pisang, Buah Yang Kaya Akan Manfaat, manfaat buah pisangTeras Info - Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih banyak kepada kawan saya, saudara Ikhsan, admin dari situs alif-ilmu.blogspot.com, yang telah memberikan saya masukan untuk memposting artikel "Pisang, Buah Kaya Akan Manfaat" ini.

Baiklah, langsung saja kita kupas apa saja manfaat, khasiat dari buah pisang.

Dalam setiap buah pisang yang sudah matang, terdapat kandungan gizi sebagai berikut; kalori 99 kalori, serat 0,7 gram, protein 1,2 gram, fosfor 28 mg, kalsium 8 mg, vitamin B 0,08 mg, vitamin A 44 RE, vitamin C 3 mg, besi 0,5 mg, karbohidrat 2,5 mg, lemak 0,2 gram, serta 72 gram air. Dengan hanya mengkonsumsi pisang saja, asupan gizi kita secara minimal telah terpenuhi, karena kandungan gizi pada buah pisang yang cukup banyak, seperti protein, karbohidrat, lemak , serat, vitamin, mineral, dan lain sebagainya.

Pisang yang berkualitas baik adalah pisang yang sudah matang, dengan kulit hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat/kuning. Pisang yang sudah matang dengan kualitas baik, akan mudah dicerna, gula buah yang terdapat dalam pisang dapat di ubah dengan cepat menjadi glukosa alami, yang kemudian segera di absorbsi ke peredaran darah. Sebaliknya, jika pisang yang masih mentah malah akan lebih sulit dicerna.

Manfaat pisang sebagai sumber tenaga.
Kandungan vitamin dalam buah pisang sangat baik sekali untuk pembentukan tubuh, kerja otot, serta sangat baik untuk menghilangkan rasa lelah. Dalam sejarah olahraga tenis dunia, dikabarkan bahwa pisang merupakan asupan gizi terfavorit bagi kebanyakan atlet tenis dunia. Misalnya saja, William bersaudara, pemengang gelar juara tenis tingkat dunia.

Manfaat pisang bagi penderita anemia.
Bagi kita yang memiliki penyakit anemia, mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari bisa menjadi obat alternatif yang murah meriah. Karena pisang memiliki kandungan zat besi (Fe) yang tinggi.

Manfaat buah pisang bagi penderita lever.
Bagi para penderita penyakit lever, sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi dua buah pisang yang ditambah dengan satu sendok madu. Dengan ini, maka akan membuat tubuh kuat dan meningkatkan nafsu makan.

Manfaat buah pisang untuk Ibu Hamil.
Dalam buah pisang, terkandung asam folat yang baik untuk Ibu hamil, oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsinya. Namun, jangan terlalu berlebihan, karena dalam satu buah pisang mengandung kira-kira 85-100 kalori.

Manfaat buah pisang untuk luka bakar.
Campuran antara abu daun pisang dengan minyak kelapa akan memberikan efek dingin pada kulit. Cara pengobatannya, tinggal oleskan saja campuran keduanya pada kulit yang terbakar.

Manfaat buah pisang untuk penyakit perut dan usus.
Buah pisang sangat di rekomendasikan sekali bagi yang terkena penyakit sakit perut dan cholik, karena dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, buah pisang yang di campur dengan susu cair juga dapat di gunakan untuk obat penyakit usus. Pisang yang sudah di lumatkan juga dapat dikonsumsi bagi penderita diare.

Manfaat pisang untuk kecantikan.
Selain sebagai obat berbagai penyakit. Pisang juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mempercantik wajah. Caranya yaitu, dengan mencampur bubur pisang dengan sedikit madu dan susu, kemudian oleskan pada wajah, dan diamkan selama 30-40 menit, setelah itu basuh dengan air hangat dan bilas dengan air dingin/es. Ulangi cara diatas selama 15 hari dan lihat hasilnya yang luar biasa pada wajah kita.

Manfaat pisang sebagai pengatur berat badan.
Dengan mengkonsumsi buah pisang, kita bisa menaikkan dan sebaliknya, menurunkan berat badan kita. Untuk menurunkan berat badan, berdietlah dengan cara mengkonsumsi empat buah pisang dan empat gelas susu non fat/susu cair perhari minimal 3 hari dalam seminggu. Cara diatas telah terbukti. Selain itu, diet dengan mengkonsumsi buah pisang juga membuat kulit wajah bersih dan tidak berminyak. Sedangkan untuk menambah berat badan, kita bisa menkonsumsi segelas banana milkshake dicampur buah-buahan, kacang, madu, dan mangga setelah makan.

Manfaat kulit pisang.
Ternyata, selain buahnya, kulit pisang juga memiliki banyak manfaat, seperti bisa digunakan sebagai krem anti nyamuk, membantu sistem syaraf, obat stress, mengontrol temperatur badan khususnya untuk Ibu hamil, menetralkan asam lambung, dan juga bagi yang perokok, dapat digunakan untuk menghilangkan pengaruh nikotin.



47 komentar:

  1. wah, banyak banget manfaatnya.. Tak kusangka!

    Tapi kalau digoreng apa manfaatnya berkurang kang?

    BalasHapus
  2. walah, benar-benar bermanfaat luar dalam sampai kulitnyapun ada manfaatnya
    Nice post bro!

    BalasHapus
  3. makanya anak bayi biasanya dikasi makan pisang untuk penambah ASI

    BalasHapus
  4. *beli pisang sekarang juga ke warung terdekat*

    BalasHapus
  5. waow baru tahu, atlet tenis doyan pisang..
    Saya juga senang makan pisang asal tampilannya kayak gambar di atas... :)
    Nice post

    BalasHapus
  6. saya pernah dengar dari DR. Hembing kalo makan pisang kulitnya jangan dibuang tapi direbus dan airnya diminum. Konon (kalo gak salah denger) bagus buat kulit.

    BalasHapus
  7. ternyata pisang banyak manfaatnya yah, baru tau aku

    BalasHapus
  8. Aku juga suka Sob sama buah yg satu ini hhe... tapi baru tau klo manfaatnya segitu banyak, yg aku tau pokoknya cuma kaya serat aja haha... :P

    Thnx 4 share Sob... Semangat N happy blogging :P

    BalasHapus
  9. Saya suka makan pisang...
    Apalagi pisang goreng...
    Terima kasih infonya bro...

    BalasHapus
  10. a pisang = energi lari 5 menit : O

    BalasHapus
  11. masama sob!!
    trus ngablog yah??

    BalasHapus
  12. Wah, makin manteb untuk menyukai pisang nih daku.. :)

    makasih Infonya mas... :)

    BalasHapus
  13. aku suka pisang...oh ya link sobat dah saya pasang tuh

    BalasHapus
  14. ternyata banyak sekali manfaat buah pisang.
    tapi kenapa banyak yg ga suka ya?

    BalasHapus
  15. pisang kalau sudah diolah, gimana manfaatnya?

    BalasHapus
  16. harganya murah, rasanya enak dan banyak manfaatnya

    BalasHapus
  17. semua ciptaan-Nya pastilah ada dan memiliki manfaat.. banyak hal yg ternyata kita tidak atau belum tahu... misalnya ya pisang ini.. terimakasih share nya mas ;)

    BalasHapus
  18. Di jus pakai madu, menyehatkan tubuh!

    BalasHapus
  19. pisang ternyata banyak manfaatnya, selain untuk kesehatan ada juga orang yang suka memanfaatkan batangnya untuk lukisan, atau kerajinan...

    BalasHapus
  20. saya doyannya pisang goreng,, :D

    BalasHapus
  21. hummm. . .^_^

    don't 4geth come to me :http://aboutwindowsall.blogspot.com/

    good luck . .

    BalasHapus
  22. Semua suka pisang terutama yang cewe pasti pisang buah favoritnya...

    BalasHapus
  23. salah satu buah paporit saya nih

    BalasHapus
  24. tapi pisang juga termasuk makanan dengan tingkat radioaktivitas alamiah yang lumayan tinggi dgn Calsium-nya lho!

    BalasHapus
  25. jadi ingin makan pisang
    hehehe... nice post
    salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    BalasHapus
  26. aku esti selalu akan piang nih soalnya saya agak maag mas

    BalasHapus
  27. Whehe pisang emang bagus sob :D Gue juga suka, apalagi kalo direndang #gaknyambung

    Oiya, ada award nih. Monggo diambil :D
    http://www.zonaiam.com/2011/02/normal-arrggh-diserang-award-lagi.html

    BalasHapus
  28. baru tau nih.. trnyata banyak bgt manfaat pisang.hehehe... thanks.

    http://www.imemovaz.com

    BalasHapus
  29. Thank you very much my friend for your visit, happy new week with successes and peace. Hugs Valter.

    BalasHapus
  30. pisang rebus dengan ajigur ...hmmm

    BalasHapus
  31. ternyata banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
  32. pisang memang banyak manfaatnya.

    ada juga pisang yang selalu berwarna hijau dan tidak pernah matang.

    BalasHapus
  33. ternyata banyak juga yaa manfaatnya dari isinya sampai kulinya juga bermanfaat......Subhanallah...
    trims atas infonya, sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  34. ternyata pisang banyak manfaatnya ya sob.ijin save ya n thank u banyak info'na..

    BalasHapus
  35. pisang juga salah satu buah faforit aq sob, enak bgt soalnya

    BalasHapus
  36. saya punya cara makan pisang yang unik nih :)
    http://ysalma.wordpress.com/2010/11/12/pisang-gunung-keju/

    BalasHapus
  37. Memang banyak manfaatnya, cuman jangan ntar makan pisaaaang aja nggak makan yang lain lho ya... :)

    BalasHapus
  38. sy termasuk penggemar bua pisang, terutama pisang hijau, pisang susu dan pisang raja , apalagi kalauppisang rebus, tambah sehat ya...

    BalasHapus
  39. pisang makanannya atlet :)

    BalasHapus
  40. Mantab gan infonya.. saya setelah makan buah pisang secara rutin jadi berkuarang asam lambung yang memang merepotkan dampaknya, menyebabkan asma saya kambuh, setelah rajin makan pisang minimal pagi sebelum sarapan atau malam setelah makan malam asmaku tidak kambuh lagi..

    BalasHapus
  41. Musa paradisiaca membang sangat bermanfaat.....

    BalasHapus
  42. wah.. ada satu pisang yg manfaatnya sngat luar biasa... hehheh

    BalasHapus
  43. Meskipun itu pisang makanan favoritnya orang utan, tapi buah pisang kaya akan manfaatnya ya gan ?? hehehe . . .

    BalasHapus