Pages

Jumat, Februari 25, 2011

Waktu-waktu terbaik untuk melakukan kegiatan

Waktu-waktu terbaik untuk melakukan kegiatanTeras Info - Menyelaraskan aktivitas sehari-sehari sangatlah penting, guna memaksimalkan kualitas hidup. Dengan adanya keselarasan ini, akan membuat tubuh kita lebih sehat, terhindar dari stres, lebih berenergi, tubuh menjadi lebih bugar, dll.

Untuk menyelaraskan aktivitas kita ini, kita harus mengikuti ritme kerja otak, yang dimana dipengaruhi oleh pola tidur, jam biologis, sensitivitas cahaya serta faktor keturunan.

Dibawah ini merupakan jadwal/waktu-waktu terbaik untuk melakukan suatu kegiatan berdasarkan ritme kerja otak:

Pukul 05.00-09.00
Pada jam ini, merupakan saat yang paling tepat untuk memuaskan gairah seksual. Menurut ahli saraf dari Universitas Rockefeller, Ilia Karatsoreos, PhD, saat yang paling tepat untuk melakukan kegiatan bercinta adalah ketika baru bangun tidur. Karena pada bangun tidur, oksitoksin atau hormon cinta lebih melimpah. Dan sebaliknya, hormon oksitoksin ini akan menurun seiring datangnya siang.

Pukul 09.00-11.00
Pada periode waktu ini, merupakan saat yang tepat untuk memaksimalkan aktivitas, karena pada jam ini otak memiliki tingkat hormon stres yang rendah (ref:Sung Lee, MD, Sekretaris International Brain Education Association).

Menurut hasil penelitian Universitas Michigan, mulai dari mahasiswa hingga pensiunan memiliki ketajaman berfikir yang sama pada jam ini, namun akan berkurang seiring datangnya sore hari. Oleh karena itu, maksimalkanlah pada waktu ini untuk membangun sesuatu yang baru, dsb.

Pukul 11.00-14.00
Pada jam ini merupakan waktunya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, karena pada waktu ini terjadi penurunan level hormon melatonim yang merupakan hormon penyebab kantuk. Jadi selesikanlah segera pekerjaan kita, karena pada siang hari kita bisa melakukan banyak pekerjaan. Namun, kerjakan pekerjaan kita itu satu per satu, jangan sampai tugas kita menumpuk dan tidak terselesaikan, karena bila seperti itu, kita dan otak kita akan mengalami kebingungan dan kehilangan konsentrasi.

Pukul 14.00-15.00
Pukul 14.00-15.00 ini merupakan waktunya beristirahat, karena pada waktu ini jam biologis kita berada pada fase terendah. Jika memang kita harus tetap bekerja pada jam ini, sempatkanlah sejenak untuk meminum satu hingga dua gelas air guna meningkatkan volume darah serta sirukulasi dan aliran darah menuju otak.

Pukul 15.00-18.00
Pada jam ini merupakan waktu yang cocok untuk berolahraga, karena pada waktu ini ketangkasan, kekuatan, serta keterampilan fisik berada pada level yang paling tinggi. Namun, sebaiknya jangan berolahraga terlalu malam, karena pada sebagian orang akan mengakibatkan gangguan tidur yang disebabkan oleh sisa adrenalin pada waktu berolahraga.

Pukul 18.00-20.00
Pada jam ini merupakan saat yang tepat untuk bersantai. Karena menurut para peneliti, pada waktu ini otak memasuki fase wake maintenance. Jalan-jalan, bercanda ria dengan keluarga, serta kegiatan lain yang bisa merefresh otak merupakan kegiatan yang baik dilakukan pada jam ini.

Pukul 20.00-22.00
Waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk merasakan kenyamanan, tidak memikirkan hal-hal berat. Karena pada waktu ini, kita akan cepat merasakan kantuk yang disebabkan oleh peningkatan melatonim yang cepat, tapi disaat yang sama, seretonin dalam tubuh pun mengalami penurunan hingga 80 persen. Maka kita pun akan merasa lelah. Untuk itu, siapakanlah tubuh kita untuk terlelap, dan lupakan hal-hal yang memberatkan pikiran.


Dikutp dari:
http://id.news.yahoo.com/
http://shine.yahoo.com/

27 komentar:

  1. perlu disimak nih biar bisa menyesuaikan antara aktivitas, istirahat dsengan kondisi tubuh

    BalasHapus
  2. bagi saya informasi ini sangat penting...terima kasih banyak sahabat...

    BalasHapus
  3. sekalian sepanjang hari aja.. hihihi

    BalasHapus
  4. Wah gan blog nya penuh dengan info2 yang bermanfaat, nice blog gan

    BalasHapus
  5. Kalau saya sih dari pukul 9- 11

    BalasHapus
  6. waktu paling enak yaitu saat tidur sob,, heheheheh

    BalasHapus
  7. wah, saya tertarik pada aktivitas Pukul 05.00-09.00, mas sop, hehe .... ini bener2 info baru buat saya. sayangnya, jam2 segitu banyak aktivitas yang mesti dilakukan di luar rumah, hiks.

    BalasHapus
  8. oo, gitu ya ,, thanks atas infonya,,

    kasihan kalau orang yg kerja malam - malam sob :)

    BalasHapus
  9. Infonya mantab mas,,, keren abis..!
    keep update

    BalasHapus
  10. Bagaimana yg berolahraga di pagi hari?

    BalasHapus
  11. Untunglah... selama ini aku renang dari jam 15.30 s/d 17.30.
    Terus bagaimana yg olahraga malam hari?

    BalasHapus
  12. Ternyata semua ada waktunya yg tepat ya?

    BalasHapus
  13. thanks infonya kawan
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. antara pukul 05.00 ~ 09.00 adalah waktu pavorit saya.....

    BalasHapus
  15. jadi harus pandai2 mengatur waktu nih.

    BalasHapus
  16. beraktifitas secara teratur membawa berkah....salam.selamat istirahat...

    BalasHapus
  17. info yang bagus kawan
    terima kasih ya

    BalasHapus
  18. jam 14-15 bukti bahwa tidur siang dibutuhkan :D

    BalasHapus
  19. info yang bermanfaat ijin save sob n thank u banyak

    BalasHapus
  20. Whehe jam 05.00-09.00 itu waktu yang sangat sensitf banget ya :p

    BalasHapus
  21. OK kawan makasih postingannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. tubuh kita haru stetap mendapatkan haknya...

    BalasHapus